Cara Baru Instagram Melawan Perundungan

Oleh: Yantina Debora - 20 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Jika Anda menemukan perilaku dan konten yang tidak pantas di platform kami, Anda dapat melaporkannya dan kami akan menghapus konten tersebut"
tirto.id - Instagram menghadirkan fitur terbaru untuk membantu memerangi perilaku perundungan (bullying), termasuk cara baru untuk mengidentifikasi dan melaporkan foto-foto yang bersifat menghina.

Hal itu disampaikan Adam Mosseri, Head of Instagram dalam rilis yang diterima Tirto, Sabtu (20/10/2018). Ia mengatakan, tidak ada tempat untuk perundungan di Instagram.

Akan tetapi, menurutnya, perundungan di dunia maya merupakan hal yang kompleks dan pihaknya sadar bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membatasi tindakan tersebut dan menyebarkan lebih banyak kebaikan di Instagram.

"Jika Anda menemukan perilaku dan konten yang tidak pantas di platform kami, Anda dapat melaporkannya dan kami akan menghapus konten tersebut," ujar Adam.

Mendeteksi Bullying di Foto Instagram

Meskipun sebagian besar foto yang dibagikan di Instagram bersifat positif dan membawa kebahagiaan bagi orang lain, terkadang ada pengguna yang membagikan sebuah foto yang meresahkan.

"Sekarang, kami menggunakan sebuah teknologi mesin pembelajaran untuk secara proaktif mendeteksi perundungan di dalam foto maupun keterangannya, serta mengirimkannya ke tim operasional komunitas kami untuk ditinjau," lanjut pria yang pernah menjadi VP of Product di Facebook ini.

Pembaruan ini, lanjut Adam akan membantu pihaknya mengidentifikasi dan menghapus konten perundungan secara signifikan.

"Ini merupakan langkah penting bagi usaha kami karena banyak pengguna yang mengalami ataupun melihat perilaku perundungan, tetapi tidak melaporkannya," ujar pria yang mengawali kariernya di Facebook sebagai Product Designer.

Selain itu, fitur ini juga akan membantu Instagram melindungi pengguna yang masih muda, karena para remaja cenderung mengalami tingkat perundungan yang lebih tinggi di dunia maya.

"Teknologi ini diluncurkan mulai hari ini dan akan terus bergulir selama beberapa minggu mendatang," ujarnya.

Sebar Kebaikan Lewat Stories Instagram

Selain menghadirkan fitur baru untuk memerangi perundungan, Instagram juga menghadirkan fitur baru aagr pengguna bisa "menyebar kebaikan" di media sosial tersebut.

"Kami juga membuat sebuah efek kamera baru untuk membantu menyebar lebih banyak kebaikan di Stories," ujar Adam Mosseri.

"Sebagai pemimpin Instagram yang baru, saya bangga bisa mengambil bagian dalam usaha kami untuk membuat Instagram menjadi komunitas yang positif dan aman untuk Anda."

Pelajari lebih lanjut tentang efek kamera Instagram tersebut melalui tautan berikut.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight