Cakapolri Listyo Buka Kesempatan Kelompok Difabel jadi ASN Polri

Oleh: Haris Prabowo - 20 Januari 2021
Kelompok difabel itu dapat bertugas di bidang administrasi, pelayanan, analisis terkait teknologi informasi, maupun posisi yang sesuai di Korps Bhayangkara.
tirto.id - Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan dalam kepemimpinannya nanti kepolisian akan memberikan kesempatan bagi kelompok difabel menjadi bagian Korps Bhayangkara.

“Dalam rangka memenuhi hak penyandang disabilitas, Polri juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berkebutuhan khusus untuk mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara Polri sesuai kompetensi,” ucap dia pada uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di DPR, Rabu (20/1/2021).

Kelompok difabel itu dapat bertugas di bidang administrasi, pelayanan, analisis terkait teknologi informasi, maupun disesuaikan dengan posisi yang memungkinkan. Hal itu sesuai dengan program prioritas perihal menjadikan SDM Polri yang unggul di era police 4.0.

Dalam program prioritas ini terbagi lima upaya, yaitu peningkatan kuantitas dan kualitas SDM Polri menuju era police 4.0; peningkatan sistem manajemen karir berbasis kinerja; perluasan kerja sama pendidikan di dalam dan luar negeri; pengelolaan SDM unggul yang humanis; dan peningkatan kesejahteraan pegawai Polri.

Polri pun akan ‘jemput bola’ terhadap orang yang berprestasi atau bertalenta khusus, terlebih yang unggul dalam kemampuan teknologi.

“Tetapi tetap mengakomodir putra-putri di pulau terluar dan suku asli, untuk menjadi anggota Polri. Mereka nanti kami rekrut karena berkemampuan khusus, dan ke depannya kami tugaskan ke wilayah dan bertugas sebagai Bhabinkamtibmas,” jelas Listyo.



Baca juga artikel terkait CALON KAPOLRI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight