Pilpres 2024

Cak Imin Yakin Bisa Rebut Suara PDIP di Chinatown Glodok

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 30 Nov 2023 16:37 WIB
Cak Imin meyakini kawasan yang selalu dimenangkan PDIP di setiap Pemilu tersebut bakal memenangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.
tirto.id - Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin mendatangi kawasan Chinatown, Glodok, Jakarta Barat pada Kamis (30/11/2023). Cak Imin meyakini kawasan yang selalu dimenangkan PDIP di setiap Pemilu tersebut bakal memenangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pilpres 2024.

Cak Imin menyampaikan di kawasan Chinatown, partainya yaitu PKB telah diterima oleh masyarakat setempat. Hal itu dikarenakan PKB kerap menggelar acara penganut keyakinan agama selain Islam, seperti Waisak hingga Natal.

"Alhamdulillah Pemilu 2019, kita sudah memulai membuka dengan diterimanya PKB. Terutama PKB yang menjadi caleg dari daerah ini akan menjadi ujung tombak pemenangan AMIN di daerah Chinatown," kata Cak Imin.

Selain itu, Cak Imin mengungkapkan, DKI Jakarta akan menjadi lumbung suara bagi pemenangan AMIN. Salah satunya dikarenakan posisi Anies yang sempat memimpin di Jakarta sebagai gubernur.

"Ini menjadi modal pemenangan AMIN yang kita optimis di DKI jadi basis pemenangan," kata Cak Imin.

Dirinya mengakui bahwa upayanya merangkul masyarakat Tionghoa demi menghapus jejak politik identitas yang melekat pada AMIN. Menurutnya, istilah politik identitas yang kerap dilekatkan ke Anies hanyalah fitnah dan dapat dihapus dengan jejak rekamnya di gubernur.

"Mas Anies juga telah membuktikan menjadi pemimpin tidak seperti yang dituduhkan," kata dia.

Cak Imin menjanjikan, apabila dia dan Anies menang, maka tak asa diskriminasi masyarakat Cina (Tionghoa) baik dalam beragama maupun bermasyarakat. Janji itu disampaikannya juga kepada pedagang yang ditemuinya satu persatu.

"Kita terimakasih kepada teman-teman Tionghoa telah mewarnai motivasi kebudayaan kehidupan kebangsaan kita," kata Cak Imin.



Baca juga artikel terkait ANIES-MUHAIMIN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight