Bursa Transfer Pemain: Hamka Hamzah Resmi Gabung Arema FC

Oleh: Fitra Firdaus - 13 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hamka Hamzah yang baru saja meninggalkan Sriwijaya FC resmi bergabung dengan Arema FC di bursa transfer pemain pada Jumat (13/7/2018).
tirto.id - Hamka Hamzah resmi bergabung dengan Arema FC pada Jumat (13/7/2018). Bek berusia 34 tahun yang baru saja meninggalkan Sriwijaya FC tersebut menjadi rekrutan penting Singo Edan pada bursa transfer pemain Liga 1 2018.

"Di Jumat yang barokah ini resmi kami perkenalkan kembali, mantan kapten Arema di Liga 2016, Hamka Hamzah,” tutur manajer umum Arema FC, Ruddy Widodo dikutip laman resmi klub.

Hamka Hamzah yang kelahiran Makassar, 29 Januari 1984 sudah berkali-kali pindah klub di Liga Indonesia. Memulai karier di klub kota kelahirannya, PSM, Hamka kemudian menyeberang ke Persebaya, Persik, lantas Persija.

Bek bertinggi 180cm tersebut juga pernah tampil di Persisam Putra Samarinda, Persipura, lalu Arema ketika masih bernama Arema Cronus. Hamka Hamzah juga pernah tampil untuk klub Liga Malaysia, PKNS selama semusim pada 2014.



Sebelumnya, Hamka Hamzah termasuk salah satu pemain yang dilepas oleh Sriwijaya FC menjelang putaran pertama Liga 1 2018 berakhir.

Muddai Madang, Direktur Utama PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), pengelola Sriwijaya FC mengungkapkan, hengkangnya pemain dari Laskar Wong Kito tidak bermakna apapun, kecuali bahwa tim tersebut akan mendatangkan pemain baru.

"Sederhananya, pemain yang saat ini bersama di Sriwijaya FC, kami datangkan dengan cara membeli dari klub lain. Artinya, jika kami ingin melepas dalam kaitan untuk mendapatkan pemain baru, kami harus menjual pemain tersebut. Ini biasa terjadi," kata Muddai dikutip Antara.

Hamka Hamzah sendiri, dalam konferensi pers pada Kamis (12/7/2018) yang ditayangkan melalui akun instagramnya, menyatakan tidak menyalahkan siapapun terkait keputusan Sriwijaya FC.

"Tidak perlu ada yang disalahkan, karena sepakbola sekarang ini adalah sepakbola profesional, di mana transfer window (jendela transfer) dibuka, pembelian-pembelian pemain adalah hal yang wajar," ungkap pemain yang bisa diplot sebagai penyerang tersebut.




Kini, setelah bergabung dengan Arema FC, Hamka Hamzah baka memulai lembaran baru. Dia bertugas membantu Singo Edan yang masih terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1 2018. Arema baru mengumpulkan 19 poin, hasil lima kemenangan, empat seri, dan enam kekalahan.

Melalui akun instagramnya, Hamka Hamzah sudah mencuitkan jargon khas Aremania, suporter fanatik klub asal Malang tersebut, "salam satu jiwa".

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus