Adam Alis dan Hamka Hamzah Tinggalkan Sriwijaya FC

Oleh: Fitra Firdaus - 13 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Adam Alis dan Hamka Hamzah menyatakan pergi dari Sriwijaya FC yang saat ini masih di posisi tiga besar Liga 1 2018.
tirto.id - Adam Alis dan Hamka Hamzah mengucapkan salam perpisahan kepada Sriwijaya FC melalui akun instagram mereka pada Kamis (12/7/2018). Kepergian dua pemain tersebut berbarengan dengan isu dilepasnya beberapa pilar Laskar Wong Kito dan pelatih Rahmad Darmawan menjelang putaran pertama Liga 1 2018 berakhir.

"Terima kasih banyak Sriwijaya FC (atas) kesempatan yang sebentar ini, saya bangga bisa bersama kalian, pelatih, pemain, suporter dalam waktu yang singkat ini.

"Dengan prestasi yang sama-sama kita raih untuk Piala Presiden peringkat ketiga, Piala Gubernur Kaltim (juara) pertama, dan (posisi) tiga besar sampai pekan 15 (Liga 1) ini. Semoga Sriwijaya FC terus bersinar sampai akhir musim nanti," tulis Adam Alis.



Kalimat gelandang kelahiran 19 Desember 1993 tersebut menandakan, Adam Alis tidak akan memperkuat Sriwijaya FC lagi. Nyatanya, pemain yang pernah tampil untuk Persija dan Barito Putera itu tidak sendirian.





Beberapa jam lebih dahulu sebelum ucapan perpisahan Adam Alis, ada Hamka Hamzah yang mengunggah video di akun instagramnya. Mantan pemain Persija tersebut berpamitan dari Sriwijaya FC sembari menegaskan, tidak ada yang perlu disalahkan dalam kasus yang menimpanya.

"Tidak perlu ada yang disalahkan, karena sepakbola sekarang ini adalah sepakbola profesional, di mana transfer window (jendela transfer) dibuka, pembelian-pembelian pemain adalah hal yang wajar," ungkap pemain berusia 34 tahun tersebut.



Muddai Madang, Direktur Utama PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), pengelola Sriwijaya FC pada Kamis (12/7/2018) lalu menyebutkan sudah memiliki daftar 14 nama pemain dan pelatih yang tidak lagi dipertahankan oleh Laskar Wong Kito.

Menurut Muddai, para pemain tersebut bakal dilepas dalam bursa transfer, sehingga Sriwijaya FC dapat membeli pemain baru. Ia menegaskan, penjualan dan pembelian pemain di bursa transfer adalah hal wajar.

"Sesuai yang saya sampaikan sebelumnya, Sriwijaya FC sebagai klub profesional akan memanfaatkan dibukanya bursa transfer pemain menjelang putaran kedua ini. Nama-nama pemain yang dievaluasi sudah ada dan akan kami umumkan dalam konferensi pers resmi.

"Sederhananya, pemain yang saat ini bersama di Sriwijaya FC, kami datangkan dengan cara membeli dari klub lain. Artinya, jika kami ingin melepas dalam kaitan untuk mendapatkan pemain baru, kami harus menjual pemain tersebut. Ini biasa terjadi," kata Muddai dikutip Antara.

Hingga pekan ke-15 Liga 1 2018, Sriwjaya FC masih duduk di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 23 poin. Mereka meraih enam kemenangan, lima seri, dan empat kekalahan.

Dalam pertandingan terakhir mereka pada Selasa (10/7/2018), Laskar Wong Kito bermain imbang 2-2 dengan tim tamu Persija. Sempat tertinggal dua kali, Sriwijaya FC mengamankan satu angka melalui dua gol pemain naturalisasi, Esteban Vizcarra.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus