Bursa Transfer Liga 1: Bayu Gatra Resmi Tinggalkan Madura United

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 24 Desember 2018
Bayu Gatra telah resmi berpisah dengan Madura United, klub yang ia perkuat selama dua musim terakhir.
tirto.id - Manajemen Madura United secara resmi mengumumkan pelepasan salah satu pemain sayapnya, Bayu Gatra Sanggiawan pada Senin (24/12/2018). Bayu pun tidak akan memperkuat Madura United pada gelaran Liga 1 2019 mendatang.

Pernyataan dilontarkan langsung oleh manajer Laskar Sapeh Kerrab, Haruna Soemitro. Keinginan menambah pengalaman baru jadi alasan yang membuat eks penggawa Bali United itu menanggalkan kostum Madura United.

"Bayu Gatra tidak bersama Madura United [musim depan], karena dia akan menambah jam pengalaman bersama klub lain dulu," kata Haruna seperti dilansir antara.

Sepanjang musim kompetisi 2018, Bayu jadi salah satu tumpuan lini serang Madura United. Ia mencatatkan 32 penampilan di Liga 1, baik sebagai pemain inti maupun pengganti. Catatan itu ia balas dengan torehan dua gol dan enam assist.

Memperkuat Madura United selama tiga musim, capaian Bayu sebenarnya mengalami penurunan. Pasalnya di Liga 1 2017 lalu ia bisa mengemas lima gol dan sembilan assist, meski jumlah penampilannya pun sama, 32 kali.


Bayu pun juga telah mengklarifikasi langsung perihal kepergiannya dari skuat asuhan Gomes De Oliveira.

"Memang iya saya tidak lagi bersama Madura United. Madura adalah taretan dhibi' [keluarga] dan Madura adalah keluarga saya. Terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan kepada saya," kata Bayu.

Kepergian Bayu Gatra membuat Madura United kian punya peluang kuat mendatangkan Andik Vermansyah. Laskar Sapeh Kerrab diyakini bakal menambah daya gedor lini serangnya, usai performa mengecewakan pada musim 2018.

Di ajang GoJek Liga 1 2018, Laskar Sapeh Kerrab hanya mampu finis di peringkat 10 klasemen akhir. Mereka mengemas 48 poin, hasil 13 kemenangan, sembilan kali imbang, dan 12 kekalahan.

Capaian relatif menurun dibanding musim sebelumnya. Pasalnya, pada Liga 1 2017 Madura United mampu mengakhiri kompetisi di peringkat lima, bahkan dengan capaian 60 poin (12 angka lebih banyak dari musim 2018).


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight