Pandemi COVID-19

Bupati Sleman Sri Purnomo Positif COVID-19

Oleh: Irwan Syambudi - 21 Januari 2021
Bupati Sleman Sri Purnomo mengonfirmasi dirinya positif COVID-19.
tirto.id - Bupati Sleman Sri Purnomo mengonfimasi dirinya positif COVID-19 pada Kamis, (21/1/2021). Informasi ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo. "Iya benar [Pak Sri Purnomo positif COVID-19]" katanya saat dikonfimasi reporter Tirto, Kamis, (21/1/2021).

Melalui video yang diunggah di akun Instagram, Sri Purnomo menyampaikan perihal kondisi terkininya.

"Sebelumnya, 20 Januari 2021, saya menjalani tes swab antigen yang hasilnya positif COVID-19. Kemudian, tes swab PCR di mana hasil yang saya terima pagi ini dinyatakan positif."

Purnomo mengisahkan ia ke rumah sakit untuk melakukan rontgen thorax dan CT Scan thorax dan kondisi paru-parunya bersih. Sebelumnya, ia mengalami batuk dan demam tinggi.

"Saat ini saya menjalankan isolasi mandiri di rumah dinas dan tidak di rumah sakit karena kondisi badan saya tidak menunjukkan gejala apa pun," katanya.

Purnomo termasuk orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac di Puskesmas Ngemplak II pada 14 Januari lalu atau tujuh hari lalu. Ia adalah orang pertama yang menerima vaksin di Kabupaten Sleman.

Purnomo berkata ia tidak merasakan efek samping setelah divaksinasi. "Mudah-mudahan tidak ada efek samping seperti gatal, pusing, dan lainnya," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Ia berkata meski telah divaksin, ia mengingatkan vaksin bukanlah sebuah obat. "Vaksin hanya mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit COVID-19 agar terhindar dari tertular maupun kemungkinan sakit berat."

Prosedur vaksinasi Sinovac yang diterapkan pemerintah Indonesia adalah dua tahap. Dosis kedua vaksinasai dilakukan dua minggu setelah disuntik vaksin pertama. Dalam rentang itu, penerima vaksian harus menjaga kebersihan diri dan mematuhi protokol kesehatan, yakni disiplin memakai masker, cuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight