Bukalapak Gandeng Tanamduit Luncurkan Layanan Investasi Reksa Dana

Oleh: Hendra Friana - 29 November 2018
Ada lima investasi baru yang hadir di BukaReksa hasil kerja sama Bukalapak dengan Tanamduit.
tirto.id - Bukalapak menghadirkan lima produk investasi baru usai menggandeng Tanamduit sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang tersertifikasi OJK.

Produk investasi baru yang hadir di BukaReksa itu antara lain Bahana MES Syariah, Batavia Dana Dinamis, Sucorinvest Sharia Equity Fund, Sucorinvest Maxi Fund, dan Batavia Dana Saham.

Head of Payment & Financial Services Bukalapak, Destya Danang Pradityo, menyampaikan kelima produk investasi baru itu memiliki beberapa jenis mulai dari Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, hingga Reksa Dana Saham.

Sejak diluncurkan pada Januari 2017, jumlah investor di Bukalapak saat ini telah mencapai sekitar 120 ribu orang. Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya merupakan investor aktif atau sudah membeli reksa dana.

Reksa dana yang paling banyak dibeli adalah pasar uang. Meski demikian, ia mencatat pertumbuhan reksa dana saham di BukaReksa lebih tinggi ketimbang reksa dana pasar uang. Selisih kontribusi kedua reksa dana terhadap total dana kelolaan (assets under management/AUM) hanya sekitar 2-5 persen.

"Kami percaya investasi secara digital akan menjadi bagian dari gaya hidup, bukan hanya belanja online tetapi juga investasi online," ujarnya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Selain itu, Bukalapak juga menghadirkan 3 manajer investasi baru yakni Bahana TCW Investment Management, Batavia Prosperindo Asset Management, serta Sucorinvest Asset Management.

Kerjasama tersebut, kata Destya, sesuai dengan Surat Edaran OJK no. 51 tahun 2016, dimulai dengan menghadirkan lima produk reksa dana yang dapat dibeli oleh user Bukalapak dengan investasi minimum Rp100.000.

"Harapannya kolaborasi ini kian memperluas literasi finansial dan investasi di Indonesia," imbuhnya.


Baca juga artikel terkait REKSA DANA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yantina Debora
DarkLight