BPS Akui Ada Peralihan Penumpang Pesawat ke Transportasi Darat

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 1 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
BPS mengklaim adanya perpindahan penumpang dari pesawat udara ke moda transportasi darat.
tirto.id - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti mengklaim adanya perpindahan penumpang dari pesawat udara ke moda transportasi darat. Hal ini tampak dari turunnya jumlah penumpang angkutan udara.

Yunita mengatakan, penerbangan domestik pada Januari 2019 turun 16,07 persen menjadi 6,7 juta orang dari Desember 2018. Meski tidak dipungkiri, penyebab penurunan tersebut juga karena masih low season.

"Memang sepertinya ada perpindahan penumpang dari udara ke darat. Hanya saja kita belum ada datanya, tapi secara keseluruhan turun karena musiman," kata dia di Gedung BPS, Jumat (1/3/2019).

Sementara itu, jumlah penumpang tujuan luar negeri alias internasional juga turun 7,18 persen menjadi 1,5 juta orang.

BPS mencatat adanya peralihan dari transportasi udara ke darat. Kebiasaan baru masyarakat Indonesia ini baru tampak dalam setahun terakhir.

Berdasarkan data dari Januari 2018 ke Januari 2019, jumlah penumpang pesawat mengalami penurunan, namun di saat yang sama jumlah penumpang kereta api dan kapal laut justru meningkat. Belum lagi pemerintah sejak pertengahan tahun 2018 sudah memberikan akses di sebagian Tol Trans Jawa, hal ini yang membuat penurunan penumpang pesawat bisa terjadi.

"Secara umum memang ada peralihan, apalagi dengan adanya jalan Tol Trans Jawa. Itu langsung menghubungkan tol dari Jakarta ke Surabaya, ini membuka peluang masyarakat beralih," kata dia.

Dibandingkan dengan data BPS Januari 2018 ke Januari 2019, jumlah penumpang pesawat pada Januari 2019 anjlok hingga 12,55 persen. Sebaliknya, jumlah penumpang kereta api justru naik 1,1 persen yoy dan kapal laut sebesar 1,31 persen secara year on year (yoy).

Sementara itu, khusus di Januari 2019, penurunan jumlah penumpang pesawat terjadi karena adanya beberapa kebijakan dari maskapai penerbangan.

Seperti harga tiket yang melonjak yang diklaim oleh pengusaha penerbangan tiket promo dihapus serta kebijakan penerapan bagasi berbayar. Yuni mengatakan kedua hal ini yang membuat penumpang pesawat turun di sepanjang Januari 2019.

Berdasarkan data dari BPS, jumlah penumpang pesawat khusus untuk penebangan domestik di sepanjang 2018 tercatat sebesar 94,1 juta, naik sebesar 17 persen dalam dua tahun terakhir.

Namun, jumlah penumpang kapal laut sepanjang 2018 mencapai 20,2 juta orang, naik 35,5 persen dan kereta api mencapai 422,1 juta 19,9 persen.


Baca juga artikel terkait TRANSPORTASI UDARA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri