BNPB: Kebakaran Landa 95 Hektare Lahan di Gunung Rinjani

Reporter: Iftinavia Pradinantia, tirto.id - 3 Nov 2023 14:01 WIB
Petugas melakukan pemadaman dan membuat sekat api di sekitar lokasi kebakaran di Gunung Rinjani.
tirto.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kaki Gunung Rinjani, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Berdasarkan laporan, titik api pertama kali teridentifikasi oleh petugas pada Kamis (2/11/2023) pukul 07.30 Wita," kata Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11/2023).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, luas lahan yang terbakar mencapai 95 hektare (ha). Belum ada laporan korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"BPBD Nusa Tenggara Barat dan tim gabungan segera melakukan upaya pemadaman, pengendalian, serta pengamanan di wilayah yang terbakar, hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan meluasnya titik api," kata pria yang akrab disapa Aam itu.

Aam menjelaskan pemadaman dilakukan dengan menggunakan air yang bersumber dari pemerintah Desa. Upaya Pengendalian juga dilakukan dengan cara membuat sekat api di sekitar lokasi.

Berbagai upaya itu dilakukan untuk meminimalisasi api tidak menjalar lebih luas.

"Upaya pengamanan juga dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri," tukasnya.



Baca juga artikel terkait GUNUNG RINJANI atau tulisan menarik lainnya Iftinavia Pradinantia
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Iftinavia Pradinantia
Penulis: Iftinavia Pradinantia
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight