Bansos 2021

BLT Dana Desa Mei 2021 Cair dan Cara Cek di sid.kemendesa.go.id

Oleh: Yantina Debora - 11 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
BLT Dana Desa Mei 2021 sudah cair ke 49.095 desa. Anda bisa mengecek apakah penerima bansos di sid.kemendesa.go.id
tirto.id - Bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa telah dicairkan ke 49.095 desa dari total 74.961 desa. Pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp2,27 triliun untuk bansos Dana Desa ini.

Dikutip dari Setkab, Selasa (11/5/2021), BLT ini bersumber dari Dana Desa dan disalurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berharap BLT Dana Desa dapat dimanfaatkan oleh keluarga penerima manfaat (KPM) dalam menghadapi perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2021.

“Lebaran kurang dua hari lagi. BLT harus segera bisa dimanfaatkan oleh KPM,” ujar Abdul Halim Iskandar.

Jumlah BLT Dana Desa yakni Rp300.000 per KPM. Syarat keluarga yang bisa menerima BLT Dana Desa yakni keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan.

Selain itu, tidak termasuk penerima PKH, Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bansos Tunai, dan Program Bansos Pemerintah lain. Penetapan calon penerima BLT mempertimbangkan DTKS dari Kemensos.

Penyaluran BLT Dana Desa Mei 2021 dipercepat untuk membantu memenuhi kebutuhan dan meningkatkan daya beli warga desa dalam menghadapi Idul Fitri.

Abdul Halim menambahkan, aturan peniadaan mudik tentunya berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi warga desa di Hari Raya. Mengatasi hal tersebut, Kemendes PDTT berupaya mengoptimalkan Dana Desa untuk BLT dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

“BLT dan PKTD memang totalitas belum menggantikan perputaran uang desa di masa mudik lebaran sebelum terjadinya pandemi COVID-19, namun akan membantu warga desa dalam menghadapi Lebaran ini,” ujarnya.

Untuk proses penyaluran BLT Desa 2021 sendiri akan dilakukan atau diberitahukan lebih lanjut oleh Kepala Desa (Kades) masing-masing setelah mendapatkan arahan dan dana dari pemerintah yang bersangkutan.

Hingga 8 Mei 2021 penyerapan Dana Desa telah Rp18,86 triliun atau sekitar 26 persen dari total pagu Rp72 triliun. Aokasi ini telah dicairkan ke 52.372 desa atau sekitar 70 persen dari total desa 74.961 desa.

Dari jumlah tersebut, Dana Desa yang dialokasikan untuk Desa Aman COVID-19 sebesar Rp3,46 triliun sebesar 18,4 persen dam untuk BLT Dana Desa sebesar Rp2,27 triliun atau sekitar 12 persen dari pencairan.

Bagi Anda yang ingin mengecek apakah Anda adalah menerima BLT Dana Desa Rp300 ribu 2021, Anda bisa cek secara daring melalui ponsel tanpa NIK KTP.

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka laman https://sid.kemendesa.go.id/;

2. Pada halaman ‘home’ atau beranda akan muncul dua pilihan pencarian data desa;

3. Pilih pencarian data desa “Berdasarkan Nama Desa”;

4. Ketik nama desa tempat Anda tinggal;

5. Setelah muncul nama desa, Pilih BLT DD pada menu (di atas);

6. Daftar penerima BLT Dana Desa akan muncul


Baca juga artikel terkait BLT DANA DESA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight