BJ Habibie Meninggal, Ketua MA: Beliau Aktif Demi Kemajuan Bangsa

Oleh: Riyan Setiawan - 11 September 2019
Hatta mengatakan BJ Habibie memiliki kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia.
tirto.id - Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali turut berduka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie. Hatta mengatakan BJ Habibie memiliki kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia.

"Beliau [BJ Habibie] sangat memperhatikan dan selama beliau tidak menjabat, tetap aktif demi untuk kemajuan bangsa dan negara. Untuk itu kami sangat berduka," ujar Hatta saat ditemui di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

Hatta bercerita terakhir berkomunikasi dengan Habibie dua tahun lalu. Saat itu, mereka bertemu saat 17 Agustus, memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (RI) ke-72.

"Beliau berbicara tentang situasi di Pare-Pare. Kebetulan saya kelahiran di Pare-Pare," ucapnya.

Hatta mendapat kabar bahwa Habibie akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, malam ini. Ia belum mengetahui kapan Habibie akan dimakamkan.
tu akan dipulangkan dan dimakamkan.

"Mungkin dimakamkan abis Dzuhur," pungkasnya.

Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Pukul 18:05 WIB. Kabar itu disampaikan anaknya Habibie, Thareq Kemal Habibie.

"Ayah saya, Presiden RI ketiga, telah meninggal pukul 18.03, innalillahi wainailaihi," ujar Thareq saat ditemui di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat.


Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight