Bin Idris Luncurkan Video Klip Terbaru

Oleh: Arman Dhani - 24 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Pulang Kampung menjadi video klip terbaru Bin Idris.
tirto.id - Musisi indie folk Indonesia, Bin Idris, mengeluarkan video klip untuk album terbarunya yang berjudul Pulang Kampung. Lagu ini merespon bagaimana rasanya hidup di ibukota saat Ramadan berakhir, bagaimana kehidupan mereka yang memutuskan tetap tinggal dan tidak mudik. Video ini disutradarai, diambil gambarnya, dan diedit oleh Havis Maulana.

Bin Idris nama panggung dari musisi dan penulis lagu Haikal Azizi, sebagai kanal kreatifitas lain dari karier musiknya. Selain Bin Idris, Haikal juga dikenal sebagai vokalis dan frontman dari band psych-rock Sigmun. "Pulang Kampung" adalah lagu pertama dari album terbaru Bin Idris yang bertajuk Anjing Tua.

Karakteristik musik Bin Idris dipengaruhi oleh musik-musik folk klasik Amerika dan ada sentuhan musisi delta blues seperti Son House, Skip James Bob Dylan dan Robert Johnson. Jika Anda berpikir bahwa Bin Idris akan menghadirkan ramuan generik folk Indonesia seperti senja atau perjalanan, mungkin Anda akan kecewa.

Proyek Bin Idris ini dimulai pada 2012 saat lagu pertamanya "Mahabharata" dirilis di Soundcloud. Karakteristik musik yang menghadirkan elemen permainan jari gitar akustik, guitar slide dan penggalian ragam suara vokal menjadikan musik Bin Idris berbeda. Misal, pada lagu seperti "Calm Water" dan "Rebahan" yang nyaris berbeda karakter vokalnya.

Pada 2013, Bin Idris merilis album kaset terbatas yang bertajuk "Muqadimmah" di bawah label rekaman Hasana Press. Kaset tape dipilih sebagai medium yang menghasilkan suara lo-fi dan menghadirkan elemen kejutan suara yang mendem. Belakangan album ini dikritik karena kualitas suara yang buruk. Pada 2015 Bin Idris merilis split kaset bertajuk "Guitar c36" bersama Duto Hardono yang juga dirilis oleh Hasana Press.

Musik yang unik, lirik yang berkarakter, dan suara vokal yang partikular membuat Bin Idris segera dikenal di kancah musik Indonesia. Pada 2015 ia tampil di Asian Meeting Festival di Tokyo yang memberinya kesempatan berkolaborasi, berimprovisasi, menggali lebih dalam berbagai musik eksperimental dari musisi-musisi lain di Asia. Pada 2016 ia kembali di Jepang untuk tampil di TPAM, Yokohama.

Bin Idris merilis album penuhnya pada 2016. Album self-titled ini menjadi salah satu album paling penting versi majalah Rolling Stone Indonesia. Beberapa lagu dalam album ini seperti "Rebahan", "Calm Water", dan dan "Jalan Bebas Hambatan" merupakan beberapa lagu yang telah dirilis di Soundcloud.

Video "Pulang Kampung" bisa anda tonton di sini.

Baca juga artikel terkait MUSIK INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Arman Dhani
(tirto.id - Musik)

Reporter: Arman Dhani
Penulis: Arman Dhani
Editor: Zen RS
a