Bima dan Asman Yakin Tak Ada Aklamasi dalam Kongres PAN 2020

Oleh: Haris Prabowo - 7 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bima Arya memastikan pemilihan ketua umum dalam Kongres PAN 2020 akan berlangsung demokratis.
tirto.id - Wali Kota Bogor Bima Arya dan Mantan Menteri PANRB Asman Abnur menilai kecil kemungkinan akan terjadi aklamasi dalam Kongres PAN 2020 mendatang. Kedua kader PAN itu beralasan banyak kandidat bakal calon ketua umum PAN.

"Ya kita lihat suasananya sangat semarak, jadi aklamasi bisa saja. Tapi kalau saya membaca kelihatannya ada pandangan-pandangan yang harus diapresiasi, dihargai, di daerah-daerah. Jadi saya kira saya melihat kecil kemungkinan aklamasi," kata Bima saat ditemui jelang Rakernas PAN di Tanah Abang, Sabtu (7/12/2019).

Bima memastikan pemilihan ketua umum dalam Kongres PAN 2020 akan berlangsung demokratis.

"Nanti saatnya kelihatannya ada proses demokrasi yang cukup menarik dan dinamis di tubuh partai ini di awal tahun depan di kongres. Menurut saya kecil kemungkinan aklamasi karena banyak kandidat," tambah Bima.

Seperti diketahui, Bima dan Asman adalah salah dua nama yang masuk dalam bursa calon ketua umum PAN yang sempat disinggung Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu.

Bima menepis jika ada isu tekanan-tekanan atau intervensi dalam bursa pemilihan calon ketua umum PAN mendatang. Ia mengaku kader PAN sudah berintelek semua.

"Sejarah mencatat kongres PAN ini tidak ada intervensi dari luar. Kader PAN sendiri yang menentukan, kader PAN ini intelek dan sangat sudah tercerahkan, jadi insyaallah prosesnya dinamis dan demokratis," kata Bima.

Asman juga menilai hal serupa. Ia mengatakan bahwa kader PAN sudah dewasa saat ini, sehingga jika pun ada tekanan tak akan mengubah pilihan kader.

"Jadi suara-suara itu saja dari DPD dan DPW. Mereka sudah sangat dewasa di dalam menentukan pilihannya. Kadi tekanan-tekanan itu tidak akan mempengaruhi pilihan mereka," kata Asman menambahkan di samping Bima.

Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar kongres pemilihan ketua umum pada Maret 2020 mendatang. Tanggal pelaksanaan kongres akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 7 Desember 2019 di Jakarta.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas mengungkapkan sejumlah nama yang masuk bursa calon ketua umum PAN, diantaranya Hanafi Rais, mantan Menpan-RB Asman Abnur, Wakil Ketua Komisi III DPR Mulfachri Harahap, hingga Wali Kota Bogor Bima Arya.


Baca juga artikel terkait RAKERNAS PAN atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight