B.I Eks iKON Akan Jalani Pemeriksaan Kasus Narkoba Minggu Depan

Oleh: Syarifah Aini - 15 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Polisi akan memeriksa B.I eks iKON dalam kasus dugaan pemakaian narkoba pekan depan.
tirto.id - B.I eks iKON akan menjalani pemeriksaan dalam kasus narkoba yang diduga melibatkannya pada minggu depan. Dilansir Naver, Kepolisian Gyeonggi Selatan pada Sabtu (14/9/2019) mengatakan, dalam agenda minggu depan artis pemilik nama asli Hanbin ini akan menjalani pemeriksaan atas dugaan pembelian mariyuana dan penggunaan narkoba jenis lysergic acid diethylamide (LSD).

Tak hanya melakukan pemeriksaan terhadap B.I, kepolisian juga menyatakan, mantan petinggi YG Entertainment yaitu Yang Hyun Suk juga akan diinterogasi atas dugaan keterlibatannya dalam penutupan kasus penggunaan dan transaksi narkoba yang menimpa mantan artis asuhannya itu.

Seperti yang diketahui, beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada Rabu (12/6/2019) Dispatch merilis berita yang berisi pesan-pesan KakaoTalk B.I secara eksklusif. Di dalamnya terdapat percakapan antara B.I bersama seseorang yang disebut "A" pada April 2016. Dalam pemberitaan tersebut, B.I diduga mengonsumsi narkoba.

Pada pesan tersebut, mulai awal hingga akhir, semua yang B.I tanyakan kepada “A” adalah mengenai narkoba. Idol ini juga mengakui dirinya telah menggunakan ganja. B.I meminta "A" untuk membelikannya LSD, jenis narkoba halusinogen yang kuat. “A” ditangkap di rumahnya di Seoul atas dugaan melanggar hukum tentang manajemen stimulan.

Kantor Polisi Yongin Timur, Gyeonggi menyita ponsel "A" di rumahnya dan memperoleh barang bukti berupa percakapan dengan B.I di KakaoTalk. Pada 22 Agustus 2016, "A" menjalani interogasi tahap 1 di Kantor Polisi Yongin.

Dalam penyelidikan, "A" mengaku isi pesan tersebut memang benar. "A" mengatakan, ia telah memindahkan 10 strip LSD ke sebuah tempat tertentu atas permintaan B.I. Akan tetapi, menurut Dispatch, entah mengapa saat itu polisi tidak menyelidiki B.I dan diduga ada keterlibatan YG Entertainment di dalamnya.

Menyeruaknya kabar tersebut pada akhirnya membuat publik menjadi gempar dan meminta kepolisian untuk kembali mengusut kasus tersebut. Kepolisian kemudian merilis pernyataan resmi, mereka akan kembali menyelidiki kasus tersebut dan mulai menggelar pemeriksaan kepada B.I serta Yang Hyun Suk.

Sebelum menutup pernyataan resmi mereka, beberapa wartawan sempat menanyakan terkait rangkaian jadwal pemeriksaan. Menanggapi hal itu, polisi menyatakan belum memiliki informasi detail karena investigasi masih berlangsung.

"Kami tidak bisa memberikan informasi detail karena saat ini investigasi sedang berlangsung. Saat ini kami masih menyusun jadwal pasti terkait pemeriksaan terhadap B.I, Yang Hyun Suk, dan saksi lainnya," jawab polisi, seperti dikutip Naver.

"Setelah kami selesai melalukan pemeriksaan kepada mereka, kami akan segera merilis pernyataan yang sebenar-benarnya," tandas polisi.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight