Menuju konten utama

Beroperasi 2023, Pembangunan Bandara Kediri Telan Dana Rp10,8 T

Bandara di Kediri, Jawa Timur ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan pembiayaan swasta murni tanpa menggunakan APBN.

Beroperasi 2023, Pembangunan Bandara Kediri Telan Dana Rp10,8 T
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kanan) dan Menko Polhukam Mahfud MD (kanan)†didampingi Wishnutama Kusubandio (kiri) melakukan kunjungan lapangan ke kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Badung, Bali, Rabu (23/3/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.

tirto.id - Pemerintah secara resmi melakukan perjanjian kerja sama dengan badan usaha (KPBU) yang diprakarsai badan usaha (KPBU unsolicited) Bandara Baru Kediri.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bandara di Kediri, Jawa Timur ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan pembiayaan swasta murni tanpa menggunakan APBN.

"Ini momen bersejarah karena menjadi perjanjian KPBU unsolicited pertama di Indonesia,” jelas dia dalam keterangan resmi, Rabu (7/9/2022).

Total nilai investasi mencapai Rp10,8 triliun. Dengan rincian sebesar Rp6,6 triliun pada tahap I, Rp1,2 triliun pada tahap II, dan Rp3 triliun pada tahap III.

Dengan pembangunan ini kapasitas penumpang bandara untuk Tahap I mampu menampung 1,5 juta penumpang per tahun, tahap II 4,5 juta penumpang per tahun dan tahap III 10 juta penumpang per tahun.

Bandara ini ditargetkan beroperasi pada akhir 2023. Bandara diproyeksikan mampu melayani pesawat berbadan lebar (wide body aircraft) sejenis Boeing 777-300ER.

Penandatanganan dilakukan oleh Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dengan Presiden Direktur PT Surya Dhoho Investama Istata Taswin Siddharta di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (7/9).

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Adapun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyaksikan secara daring.

Luhut mengapresiasi PT Surya Dhoho Investama yang berinisiatif membangun bandara baru. Apresiasi juga disampaikan kepada Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan instansi terkait, yang telah mendukung kelancaran proses pembebasan lahan, perizinan dan proses lain menyangkut percepatan pembangunan bandara.

“Alhamdulillah pembebasan lahan sudah terselesaikan dan saat ini pembangunannya sudah berjalan dengan baik,” jelas dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pembangunan bandara dengan model KPBU unsolicited bisa diikuti oleh swasta lainnya.

“Hal yang luar biasa, saat swasta membangun bandara, sehingga tidak perlu kantong (dana) APBN. Ini juga bagian dari rencana strategis Kementerian Perhubungan, untuk terus mendorong pendanaan kreatif (creative financing) untuk berbagai proyek infrastruktur transportasi di Indonesia,” kata dia.

Lebih lanjut Budi Karya menjelaskan, keberadaan Bandara Baru Kediri bisa dimanfaatkan untuk penerbangan komersial, umroh, dan haji.

“Masyarakat Kediri dan sekitarnya banyak sekali yang ingin umroh dan tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jakarta dan Surabaya,” jelas dia.

Ia meminta PT Suryo Dhoho Investama, yang merupakan anak usaha Gudang Garam, dan Angkasa Pura I yang melakukan kerja sama operasi (KSO) pada proyek pembangunan Bandara Baru Kediri ini, agar selalu memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Sedangkan Presdir PT Suryo Dhoho Investama yang sekaligus juga sebagai Direktur Gudang Garam Tbk. Istata Taswin Siddharta menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya sebagai pemrakarsa proyek KPBU unsolicited Bandara Kediri.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada Gubernur Jatim dan Bupati Kediri yang telah membantu kelancaran pembangunan bandara ini. Semoga kehadiran bandara ini memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah selatan Jawa,” jelas dia.

Berdasarkan hasil pengadaan yang telah dilakukan, KSO antara PT Suryo Dhoho Investama dan PT Angkasa Pura I (Persero) telah dinyatakan sebagai Pemenang dengan durasi waktu kerja sama yaitu 50 tahun sejak bandara mulai dioperasikan.

Baca juga artikel terkait PEMBANGUNAN BANDARA KEDIRI atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Anggun P Situmorang