Periksa Fakta

Beredar Penipuan Berkedok Lowongan Kerja yang Mencatut Kemnaker

Penulis: Fina Nailur Rohmah, tirto.id - 7 Feb 2024 13:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lewat akun Instagram resminya, Kemnaker telah menyatakan lowongan pekerjaan untuk posisi entri data itu sebagai hoaks.
tirto.id - Baru-baru ini, di jagat maya beredar informasi lowongan kerja mencatut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Akun Instagram “Ursula E-Niaga” (arsip) membagikan informasi itu dalam bentuk poster yang menampilkan foto Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah.


Lowongan tersebut terbuka untuk posisi entri data paruh waktu atau freelancer. Gaji yang ditawarkan untuk durasi kerja 1—3 jam berkisar Rp600 ribu—Rp900 ribu. Pekerjaan itu disebut tak memerlukan kualifikasi khusus, selain memiliki satu laptop atau handphone.


Periksa Fakta Lowongan Kerja Palsu Kemnaker
Periksa Fakta Ada Lowongan Kerja Palsu Mengatasnamakan Kemnaker. (Sumber: X)


Dari pengamatan Tim Riset Tirto, unggahan lowongan kerja itu mengarah ke tautan tertentu. Walau unggahan tersebut sudah diturunkan, narasi serupa berlalu-lalang di platform X dalam bentuk poster.


Terdapat tambahan logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di poster itu. Meski mencantumkan logo instansi, tetapi e-mail dan Telegram yang tertera dalam poster merupakan akun personal.

Selama hampir sebulan tersebar di X, unggahan ini sudah dilihat 182.500 kali, serta memperoleh 672 likes, 172 komentar, dan 89 retweet.


Lalu, benarkah ada lowongan Kemnaker seperti yang disebut dalam klaim?

Penelusuran Fakta

Tim Riset Tirto mengecek kebenaran klaim ini dengan menelusuri akun Instagram resmi @kemnaker. Rupanya, informasi lowongan petugas entri data yang mengatasnamakan Kemnaker itu sudah dinyatakan sebagai hoaks.


“Minaker ingatkan kembali ya untuk berhati-hati terhadap informasi lowongan kerja tidak bertanggung jawab yang beredar dengan mencatut nama, logo Kemnaker, hingga foto Menaker Ida Fauziyah,” tulis Kemnaker, Senin (22/1/2024).


Kemnaker mengimbau masyarakat mengecek media sosial resmi Kemnaker atau laman https://karirhub.kemnaker.go.id/ untuk informasi lowongan kerja.


Tirto
kemudian menelusuri asal foto Menaker Ida yang terpampang dalam poster. Hasilnya, diketahui gambar itu merupakan hasil suntingan dari poster peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional tahun 2021, yang dimuat di situs Sekretariat Kabinet RI.


Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta Tim Riset Tirto, lowongan pekerjaan untuk posisi entri data yang mencatut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) itu bersifat salah dan menyesatkan (false and misleading).

Kemnaker telah menyatakan informasi lowongan itu sebagai hoaks. Masyarakat diimbau mengecek media sosial resmi Kemnaker atau laman https://karirhub.kemnaker.go.id/ untuk informasi lowongan kerja.


==
Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Periksa Data, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Fina Nailur Rohmah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Fina Nailur Rohmah
Editor: Shanies Tri Pinasthi

DarkLight