Berapa Lama Daging Sapi dan Kambing Bertahan di Freezer?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 13 Jul 2022 13:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berapa lama sebaiknya daging sapi dan kambing disimpan dalam freezer?
tirto.id - Daging sapi dan kambing yang didapat saat Idul Adha bisa disimpan di freezer dengan suhu 0 derajat celsius atau di bawahnya.

Menurut pedoman USDA (United States Department of Agriculture), membekukan makanan pada suhu 0°F (-18°C) menonaktifkan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur serta memperlambat aktivitas enzim.

Anda tidak perlu menyimpan daging dalam kondisi vakum. USDA menyarankan Anda menambahkan lapisan bungkus plastik atau foil sebelum memasukkan daging Anda ke dalam freezer.


Lapisan ekstra itu akan membantu menjaga kelembapan dan menjaga makanan itu tetap segar. Membekukan daging saat masih segar mungkin juga membantu menjaga rasa dan nutrisi.

Anda juga dapat membekukan kembali daging yang sudah dicairkan Namun, menurut pedoman USDA, jangan membekukan kembali makanan yang ditinggalkan di luar lemari es selama lebih dari dua jam.


Berapa Lama Daging Boleh Disimpan di Freezer?


Berapa lama daging sapi dan kambing bisa bertahan di freezer dan layak dikonsumsi?

Untuk sebagian besar potongan daging sapi dan kambing mentah, Anda dapat membekukannya selama beberapa bulan tanpa mengubah kualitasnya.

Menurut FDA, Anda dapat menyimpan potongan daging yang dibekukan selama 4 hingga 12 bulan dan steak selama 6 hingga 12 bulan. Daging giling harus dibekukan tidak lebih dari tiga sampai empat bulan.

Setelah matang, Anda juga bisa membekukan sisa daging dengan aman. Tetapi FDA merekomendasikan Anda menyimpannya dalam keadaan beku hanya sekitar dua hingga tiga bulan.

Daging dapat disimpan lebih lama di dalam freezer daripada yang disarankan oleh FDA, tetapi pada waktu yang lebih lama itu, kualitas dan nutrisi daging akan berubah.

Selain dalam proses menyimpan, Anda juga harus berhati-hati dalam mencairkan daging setelah mengeluarkannya dari freezer.

Pedoman USDA tentang pencairan yang aman mengatakan Anda hanya boleh mencairkan daging beku di lemari es atau dalam kantong plastik anti bocor yang terendam air dingin.

Mencairkan makanan tersebut pada suhu ruangan memungkinkan bakteri tumbuh terlalu cepat.


Baca juga artikel terkait DAGING SAPI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight