Bappenas: Ibu Kota Dipindah Agar Jakarta Jadi Kota Ekonomi

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 9 Mei 2019
Pemindahan ibu kota bertujuan untuk mengurangi beban Jakarta dan menjadikan Jakarta sebagai kota bisnis, ekonomi, keuangan yang berskala regional Asia Tenggara dan internasional.
tirto.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, bahwa tujuan dari pemindahan ibu kota adalah untuk memfokuskan Jakarta menjadi kota ekonomi.

"Untuk mengurangi beban Jakarta dan jadikan Jakarta sebagai kota bisnis, ekonomi, keuangan yang berskala regional Asia Tenggara dan internasional," kata Bambang saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, pada Kamis (9/5/2019).

Bambang menyampaikan bahwa pemindahan ibu kota merupakan strategi jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, pemindahan juga bertujuan untuk pemerataan pembangunan di Indonesia.

"Berikan kesempatan bagi daerah di luar Jawa untuk berkembang lebih cepat, sehingga pemerataan antara Jawa dan luar Jawa yang sekarang cukup tajam [kesenjangannya] bisa dikurangi," jelas Bambang.

Bambang optimis dengan pemindahan ibu kota tersebut. Pasalnya, kata Bambang, Indonesia bisa belajar dari pengalaman negara-negara lain yang sudah melakukan pemindahan ibu kota.

"Kita kan sudah belajar dari kesalahan dan kekurangan untuk menangani kota dari seluruh daerah, termasuk pelajari keberhasilan dan kegagalan pemindahan ibu kota di beberapa negara yang jumlahnya cukup banyak," kata Bambang.

"Jadi belajar dari keberhasilan dan kegagalan itu, kami akan mencari upaya yang terbaik, sehingga pemindahan ini akan memberikan manfaat bagi ekonomi dan sosial," tambahnya.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia kembali bergulir. Pada 29 April 2019 kemarin, Presiden Joko Widodo bersama jajaran kabinetnya membahas pemindahan ibu kota dalam rapat terbatas “Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota” di Kantor Presiden.

Jokowi menyatakan wacana pemindahan ibu kota merupakan bagian dari kepentingan yang lebih besar untuk bangsa” dan upaya “menyongsong kompetisi global”. Bila semua hal dipersiapkan dengan baik, menurut Jokowi, pemindahan ibu kota akan terealisasi.


Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBUKOTA atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight