Bansos BST DKI Jakarta Cair Hari Ini 19 Juli, Cek Syarat Penerima

Oleh: Riyan Setiawan - 19 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bantuan sosial tunai (BST) untuk warga DKI Jakarta direncanakan cair hari ini dan bisa dicek penerimanya di laman corona.jakarta.go.id.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bantuan sosial tunai (BST) akan cair hari ini, Senin (19/7/2021). Bansos BST DKI tunai tersebut akan disalurkan melalui Bank DKI.

"Dari pemprov DKI transfer akan dilakuan besok [Hari ini] melalui rekening penerima, sehingga mereka langsung bisa menerima di rekeningnya masing-masing," kata Anies di Jakarta, Minggu (18/7/2021).

Berdasarkan keterangan Kementerian Sosial (Kemensos), BST diberikan sebesar Rp300 ribu per bulan. Dikarenakan langsung dua tahap, Mei dan Juni, maka total uang yang diterima sebesar Rp600 ribu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menganggarkan sebesar Rp604 triliun untuk BST DKI.

Sebanyak 1.844.833 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima BST. Jumlah tersebut dibagi menjadi dua, sebanyak 1 juta penerima dari Pemprov DKI dan sisanya 837.000 KPM melalui Kemensos.

Selain itu, kata Anies, terdapat bantuan non-tunai dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

"Kami pastikan ini berjalan dengan baik mulai besok. Seluruh kegiatan akan berjalan termasuk pembagian beras mulai besok," tutur Anies, kemarin.

Syarat penerima bansos BST DKI Jakarta


Berikut syarat penerima bansos BST DKI Jakarta yakni:

1. Terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sembako tahun 2020 hasil pembaruan dan pemadanan data Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta

2. Tidak termasuk penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

3. Dana BST akan langsung dikirimkan ke rekening penerima BST sekitar minggu ke-3 bulan Juli 2021

4. Menerima undangan maksimal H-1 pelaksanaan dari petugas wilayah yang ditunjuk

5. Apabila tidak hadir sesuai jadwal pertama, akan dijadwalkan kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga setelah distribusi tahap pertama selesai di 5 wilayah DKI Jakarta & Kepulauan Seribu.

Sedangkan untuk mengecek penerima bansos BST DKI bisa dicek di link berikut:
https://corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial

Berdasarkan data dari Pemprov DKI, penerima bansos BST DKI yang sudah terverifikasi sebanyak 1.007.379, dengan rincian 55.346 di Jakarta Pusat, 210.334 di Jakarta Utara, 79.346 di Jakarta Barat, 160.733 di Jakarta Selatan, 497.490 di Jakarta Timur, dan 4.120 di Kepulauan Seribu.


Baca juga artikel terkait BANSOS 2021 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight