Bandara Kediri Mulai Dibangun April 2020

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 16 Januari 2020
Pebebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri sudah mencapai 98 persen.
tirto.id - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti memastikan Bandara Kediri mulai dibangun pada April 2020. Ia mengatakan saat ini pebebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri sudah mencapai 98 persen.

"April ground breaking kemudian proses KPBU targetnya 2020 ini mulai bangun," kata Polana usai rapat dengan Menteri Kordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Bandara yang rencananya bakal melayani penerbangan domestik itu memiliki kapasitas 1,5 juta orang. "Saya rasa nggak inter karena sudah ada surabaya karena Surabaya multi airport. Tapi tahap I pembangunan itu 2020," kata Polana.

Sementara itu, ada pula Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Faik Fahmi yang akan ikut dalam pembangunan Bandara Kediri. Ia mengklaim, ada mitra lain juga yang akan ikut membangun Bandara Kediri.

"Iya nanti kita sama Gudang Garam. Ya mudah-mudahan sampai sejauh ini dengan AP I," ujarnya.

Faik belum bisa mengemukakan berapa investasi yang dibutuhan untuk membangun bandara tersebut. Ia beralasan rencana pembangunan dan mitra masih dalam pembahasan tahap awal.

"Tadi lebih bicara kepada persoalan teknis mengenai proses penetapan lokasi yang masih terhambat ya jadi belum masuk me aspek bisnis atau kerja sama seperti apa. Tadi hanya diminta AP I dan Gudang Garam berbicara mengenai aspek bentuk kerja samanya seperti apa," ujarnya.


Baca juga artikel terkait BANDARA KEDIRI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight