Bahan Pangan Serealia & Jenis-Jenisnya: Beras, Jagung hingga Sorgum

Penulis: Maria Ulfa, tirto.id - 23 Des 2021 10:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen bijinya ebagai sumber karbohidrat atau pati.
tirto.id - Serealia merupakan makanan pokok bangsa Indonesia. Serealia menjadi sumber energi bagi manusia sehingga dibudidayakan secara besar-besaran di seluruh dunia, melebihi semua jenis tanaman lainnya.

Pada sebagian negara berkembang, serealia seringkali menjadi satu-satunya sumber karbohidrat sehingga dibudidayakan menjadi makanan pokok sebagai salah satu kebutuhan primer penduduk dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat atau pati.

Biji tumbuhan serealia adalah buah tipe khusus yang disebut kariopsis. Serealia banyak jenis spesiesnya sehingga kandungan zat gizi serealia sangat bervariasi, tergantung jenisnya.

Namun, umumnya serealia kaya akan karbohidrat, cukup protein, sangat rendah kandungan lemak, dan kaya serat kasar. Serealia juga kaya vitamin (vitamin E dan B kompleks), serta mineral (besi, magnesium dan seng).

Jenis-Jenis Serealia


Mengutip modul Prakarya Pengolahan SMP Kelas VIII (2020), berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang termasuk serealia:

1. Beras

Beras adalah butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Beras mengandung karbohidrat yang kaya akan zat gula atau glukosa. Rasa manis dari kandungan glukosa merupakan sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

2. Jagung

Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Bagian yang kaya akan karbohidrat adalah bagian biji. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain jagung bagi kesehatan tubuh manusia:

  • Mencegah Penyakit Alzheimer
  • Meningkatkan Kesehatan Mata.
  • Mencegah Anemia.
  • Memperlancar Sistem Pencernaan.
  • Menurunkan kadar Kolesterol.
  • Mencegah Penyakit Kanker.
  • Merawat Kesehatan Kulit.

3. Gandum

Gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat.

Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Gandum amat kaya vitamin, mineral, dan serat yang terkandung di dalamnya.

Selain itu gandum juga memiliki beragam senyawa fitokimia yakni senyawa kimia yang mempunyai dampak positif untuk kesehatan.

Beberapa manfaat gandum bagi kesehatan tubuh sebagai berikut.

  • Mengonsumsi gandum akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
  • Mengonsumsi gandum secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mengonsumsi gandum baik untuk menurunkan berat badan.
  • Mengonsumsi gandum bisa bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit.
  • Senyawa fitokimia pada gandum bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

4. Sorgum

Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Tanaman ini dapat tumbuh walaupun pada keadaan tanah yang kurang subur dan pengairan terbatas.

Oleh karena itu, sorgum merupakan salah satu tanaman pangan yang potensial dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai pangan, pakan, dan bioenergi (bioetanol).


Baca juga artikel terkait JENIS SEREALIA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Addi M Idhom

DarkLight