Bacaan Sholat Tarawih: Surat Al-Kausar Tulisan Arab, Latin & Arti

Oleh: Beni Jo - 7 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Surah Al-Kausar merupakan salah satu surat pendek di dalam Al-Qur'an yang bisa dibaca imam saat memimpin Sholat Tarawih.
tirto.id - Saat menjalankan ibadah salat tarawih pada bulan Ramadan, membaca surat Al-Fatihah adalah salah satu bacaan setelah niat dan takbiratul ihram. Kemudian dilanjutkan membaca salah satu surat di dalam Al-Quran.

Surah Al-Kausar yang terdapat pada juz 30 bisa menjadi pilihan bagi imam saat salat berjamaah, baik fardhu maupun tarawih. Al-Kausar termasuk surat pendek lantaran terdiri dari tiga ayat saja dan tergolong surat makkiyah. Secara urutan, surah Al-Kausar menjadi surat yang ke 108, dan terletak di antara surah Al-Ma’un dan surah Al-Kafirun.

Al-Kausar sendiri bermakna nikmat yang berlimpah. Seperti diambil dari ayat pertamanya. Secara umum, surat ini berisi perintah dari Allah SWT untuk menjalankan ibadah salat dan melakukan kurban sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa.

Selain itu, melalui surat Al-Kausar juga dapat diperoleh pengetahuan bahwa hanya orang-orang yang beruntung saja yang nantinya dapat meminum air Al-Kausar, sebuah telaga yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di surga.

Seperti dijelaskan dalam "Amalan untuk Dapat Suguhan Air Kautsar dari Tangan Rasulullah SAW", yang dilansir NU Online, hanya orang istimewa saja yang bisa meminum air telaga Al-Kausar.

Terkait gambaran telaga Al-Kausar, dalam riwayat Anas bin Malik disebutkan seperti air yang lebih putih daripada susu dan lebih manis daripada madu. Selain itu, terdapat dua aliran yang berasal dari surga, satu dari perak dan satunya lagi dari emas. Seperti dijelaskan dalam hadis berikut:

Artinya: "Sungguh aku memiliki telaga yang luasnya bagai antara Eliya (Baitul Maqdis) dan Ka‘bah. Atau perawi mengatakan: antara Eliya dan Shana‘a (Yaman). Airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Di sana banyak wadah sebanyak bintang di langit. Membentang kepadanya dua aliran dari surga. Yang satu aliran dari perak. Yang satu dari emas. Siapa pun yang meminum airnya tidak akan haus lagi selamanya," (HR Abu Ya‘la dan Ibnu Hibban).

Berikut bacaan surah Al-Kausar dalam bentuk tulisan bahas Arab, latin, beserta artinya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

innā a'ṭainākal-kauṡar

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

fa ṣalli lirabbika wan-ḥar

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

inna syāni`aka huwal-abtar

Artinya:

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).


Baca juga artikel terkait SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight