Baca Komik One Piece 1.002 & Prediksi: Jurus Kaido vs Zoro-Luffy

Oleh: Fitra Firdaus - 29 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi komik One Piece Chapter 1.002 yang dapat dibaca legal di MangaPlus Minggu, 31 Januari 2021: seperti apa duel Kaido vs Luffy dan Zoro?
tirto.id - Komik One Piece Chapter 1.002 dapat dibaca di MangaPlus mulai Minggu, 31 Januari 2021 pukul 23.00 WIB. Setelah para supernova bertarung dengan Yonko Kaido dan Big Mom, bakal seperti apa jurus yang dipakai Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro?

Dalam One Piece Chapter 1001, "Battle of Monsters on Onigashima", pertarungan Kaido dan Big Mom melawan 5 Supernova sudah tidak terelakkan. Kaido menyebutkan, begitu para supernova itu tumbang, maka semua kru dan harta karun yang dimiliki akan diambil sang Yonko.

Kaido juga berkata, pemenang pertarungan ini akan semakin lebih dekat jadi raja bajak laut. Ini bisa mengarah pada road poneglyph yang dimiliki tiap-tiap kubu. Big Mom punya 1 road poneglyph. Demikian pula dengan Kaido. Sementara itu, Monkey D. Luffy punya 1 road poneglyph dari Pulau Zou dan 1 salinan road poneglyph Big Mom.

Mengingat road poneglyph berjumlah 4, maka pemenang pertarungan ini hanya perlu mencari 1 road poneglyph lagi, yang saat ini belum diketahui.

Bisa jadi road poneglyph itu ada di Kerajaan Ryugyu dan disembunyikan Neptune. Namun, mungkin pula road poneglyph tersebut disembunyikan Bajak Laut Shirohige, pihak yang menjadi penjaga kerajaan tersebut hingga 2 tahun lalu sebelum Perang Puncak.



Dengan adanya Roronoa Zoro yang ikut bertarung melawan Kaido dapat diperkirakan ia akan menjajal sang Gubernur Jenderal Bajak Laut Beasts. Zoro sudah diberi pedang Enma oleh Kozuki Hiyori, putri Kozuki Oden.

Ketika Oden bertarung melawan Kaido 20 tahun lalu, ia menggunakan Enma dan Ame no Habakiri. Dengan dua pedang itulah, Oden bisa meninggalkan luka silang sayatan di tubuh Kaido, yang bekasnya bertahan hingga saat ini.

Zoro berbeda dengan Oden. Jika Oden adalah pengguna teknik nitoryu (2 pedang), maka Zoro terbiasa dengan santoryu (aliran 3 pedang). Saat ini, Zoro memegang Enma, Wado Ichimonji, dan Sandai Kitetsu. Ketiga pedang itu dibuat oleh para pemahat pedang Wa no Kuni.

Zoro sendiri adalah salah satu dari Kelompok Topi Jerami yang masa lalunya belum terungkap sepenuhnya. Zoro memang besar di Desa Shimotsuki, East Blue. Namun, desa tersebut punya keterkaitan dengan Klan Shimotsuki, salah satu klan utama di Negeri Wa, yang pernah berkuasa atas Distrik Hakumai.

Setelah Akazaya Nine dikalahkan Kaido, secara teknis, para samurai dari Wa no Kuni sudah takluk oleh sang yonko. Namun, jika Zoro memiliki hubungan dengan negeri tersebut, dari jalur keluarga Shimotsuki, dan dari semangat Oden yang "tersalurkan" di pedang Enma, ini akan jadi menarik.



Zoro pernah memiliki Shushui, pedang yang dahulunya menjadi milik Ryuma, samurai legendaris Negeri Wa. Dikisahkan, ratusan tahun lalu, semasa hidupnya, Ryuma pernah membunuh naga. Ryuma sendiri berjuluk Dewa Pedang.

Kaido dapat berubah bentuk menjadi naga berkat buah iblis Uo Uo no Mi. Jika mempertimbangkan hubungan Zoro dengan Oden dan Ryuma, bisa jadi Zoro akan berhasil melukai Kaido, seperti yang dilakukan Oden kepada sang Yonko.

Selain itu, selaras dengan konsep "semangat" yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam dunia One Piece, Zoro tampak jadi "perwujudan" Oden. Dahulu, Oden tidak bisa mengalahkan Kaido karena ia dicurangi, ditipu oleh Kurozumi Higurashi yang menyamar sebagai Kozuki Momonosuke.

Kali ini, Zoro tidak memiliki penghalang seperti itu. Ia datang sebagai bagian Kelompok Topi Jerami yang ingin membebaskan tanah Wa no Kuni dari rezim Kaido. Melukai Kaido akan mewujudkan ucapan Zoro, "tidak ada benda yang tidak dapat kutebas".

Mengingat pertarungan Yonko dan Supernova menjadi hal yang paling penting di Babak Ketiga Arc Wa no Kuni, Chapter 1.002 bisa jadi akan dipenuhi dengan aksi satu demi satu dari Luffy, Zoro, Trafalgar D. Water Law, Eustass Kid, dan Killer menghadapi kombinasi Kaido dan Big Mom. Jurus-jurus lama dan baru bisa saja dikeluarkan.

One Piece Chapter 1.002 dapat dibaca di MangaPlus pada Minggu, 31 Januari 2021 pukul 23.00 WIB. Saat ini, manga karya Eiichiro Oda tersebut adalah manga paling banyak dibaca di MangaPlus dengan 842.793 tayangan. Ini di atas Boruto: Naruto Next Generations dan My Hero Academia.

BACA MANGA ONE PIECE 1.002 di MANGAPLUS

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight