tirto.id - Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) meyebut atribut sosialisasi Prabowo Subianto paling banyak terpasang di lingkungan masyarakat bawah.
Hasil pengamatan tersebut disampaikan Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam paparan survei bertajuk “Pertarungan Capres di Masyarakat Bawah” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC pada Kamis, 18 Mei 2023.
"Dalam survei SMRC pada April 2023, pewawancara juga diminta mengamati apakah di rumah responden terdapat atribut sosialisasi bakal calon presiden," kata Saiful.
"Atribut luar ruang yang paling banyak ditemukan adalah atribut sosialisasi Prabowo 63 persen. Atribut terbanyak kedua Anies 62 persen, selanjutnya Ganjar 58 persen, dan Airlangga 22 persen," imbuhnya.
Saiful menyampaikan bahwa di antara para bakal calon presiden, Prabowo sudah menjangkau sampai ke pedalaman. Demikian pula dengan Anies. Sebaliknya Ganjar Pranowo, kata Saiful, masih kurang dikenal di daerah-daerah luar Jawa, terutama di wilayah Indonesia Timur pada masyarakat lapisan bawah.
"Ganjar dikenal pada kalangan menengah atas, namun kurang dikenal di kalangan lapisan bawah," katanya.
Saiful menyatakan masifnya sosialisasi Prabowo dan Anies menjelaskan mengapa terjadi pertarungan suara antara Prabowo dan Anies pada masyarakat lapisan bawah.
“Keunggulan Prabowo di perdesaan adalah keunggulan atribut,” jelas Saiful.
Pada masyarakat lapisan bawah, lanjut Saiful, medium sosialisasinya adalah atribut luar ruang karena mereka tidak banyak mengakses media. Untuk itu, salah satu cara mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa tokoh-tokoh itu akan maju sebagai calon presiden, adalah melalui atribut luar ruang yang telah terpasang.
SMRC mendefinisikan masyarakat lapisan bawah yang dimaksud dalam survei kali ini adalah masyarakat yang relatif kurang berpendidikan, sosial ekonomi lebih rendah, pendapatan rendah, blue colar atau kerah biru dari jenis pekerjaan, buruh tani, buruh bangunan, dan sebagainya.
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Fahreza Rizky