HUT ke-78 RI

Atraksi Pesawat & Heli di Istana saat Langit DKI Penuh Polusi

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2023 12:59 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengutip laman IQAair, angka indeks kualitas udara Jakarta pada Hari Kemerdekaan, Kamis (17/8/2023) berada pada poin 157 dan masuk kategori tidak sehat.
tirto.id - Atraksi fly pass dan akrobat penerbang ikut menghiasi upacara perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Acara perayaan tersebut dilakukan saat kualitas udara di Jakarta masih belum baik.

Acara dimulai dengan fly pass pesawat tempur F-16. Sekitar 10 pesawat terbang di angkasa melintas di atas Monumen Nasional hingga Istana Kepresidenan. Usai fly pass, 4 helikopter dari TNI-Polri terbang melintas dari sisi selatan Monas ke Istana sambil membawa bendera Indonesia.

Atraksi dilanjutkan dari tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan Pegasus TNI AU. Tim JAT melakukan sejumlah manuver mulai dari Half Cuban, 5 Card Loop. Beberapa asap pun terlihat di pesawat yang beratraksi.

Setelah itu tim Pegasus melakukan sejumlah manuver seperti Passing, Break Off, Turning Series & Salute, dan Crossing T/o (Pegasus). Kemudian tim JAT kembali bermanuver Crossover Break, Twin Half Cuban, Jupiter Wheel, dan Screw Roll.

Manuver pesawat pun belum selesai. Tim Pegasus pun kembali melakukan sejumlah manuver seperti Back Podium Approach dan joget flashmob. Helikopter pun sempat melakukan joget diiringi lagu Gemu Fa Mi Re. Masyarakat pun ikut berjoget beserta peserta upacara.

Tim JAT melakukan manuver Falling In Love sementara Pegasus melakukan Pegasus Kiss. Di bagian akhir, tim JAT melakukan bom burst dengan high speed pass F-16. Asap dan bunyi dentuman pun menghiasi saat pesawat bermanuver.

Di akhir momen, demo udara formasi pesawat tempur F-16 ditutup dengan ucapan selamat yang disampaikan salah satu pilot dari dalam kokpit pesawat tempur F-16 TNI AU.

"Kami Elang-elang angkat udara penjaga tanah air dari ketinggian 1000 kaki mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Terus Maju untuk Indonesia Maju Salam Swa Bhuwana Paksa," kata seorang pilot dalam kokpit pesawat tempur F-16.

Flypass HUT RI ke-78
Helikopter terbang mengibarkan bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Jakarta, Kamis (17/8/2023). HUT ke-78 RI mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.


Demo pesawat dengan asap dilakukan pada saat kualitas udara Jakarta yang tidak baik. Mengutip laman IQAair, angka indeks kualitas udara Jakarta pada Kamis (17/8/2023) berada pada poin 157.

Berdasarkan tingkat polusi, DKI Jakarta masuk dalam kategori kondisi tidak sehat sejak tiga hari terakhir. Adapun konsentrasi polutan tertinggi dalam udara DKI Jakarta hari ini PM 2.5. Konsentrasi tersebut 13 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Presiden Joko Widodo dianggap luput menyinggung soal masalah polusi udara dan kerusakan lingkungan pada pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI 2023. Pada beberapa minggu terakhir, Jakarta selalu menduduki peringkat atas kota paling berpolusi di dunia menurut data IQAir. Bahkan menurut Menparekraf Sandiaga Uno, Presiden Jokowi sendiri menderita batuk-batuk yang diduga disebabkan polusi udara.


Baca juga artikel terkait HUT KE-78 RI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight