Asal Mula Sertifikasi Halal

Oleh: Kukuh Bhimo Nugroho - 24 Mei 2016
Gagasan perlunya sertifikasi halal bagi makanan di Indonesia bermula dari pemberitaan di Buletin Canopy yang diterbitkan Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang. Pada edisi Januari 1988, dimuat artikel tentang hasil penelitian DR Ir Tri Susanto, MAppSc, dosen teknologi pangan, yang menyebut adanya 34 jenis makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan haram, seperti lemak babi.
tirto.id - Gagasan perlunya sertifikasi halal bagi makanan di Indonesia bermula dari pemberitaan di Buletin Canopy yang diterbitkan Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang. Pada edisi Januari 1988, dimuat artikel tentang hasil penelitian DR Ir Tri Susanto, MAppSc, dosen teknologi pangan, yang menyebut adanya 34 jenis makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan haram, seperti lemak babi.

Temuan berawal ketika ada mahasiswa bimbingan Tri Susanto yang mencoba mengindentifikasi titik kritis keharaman dan mencurigai beberapa bahan baku. Tri Susanto yang akhirnya memperoleh gelar profesor, wafat pada Rabu, 30 November 2011 di Malang.

Baca juga artikel terkait HALAL atau tulisan menarik lainnya Kukuh Bhimo Nugroho
(tirto.id - )

Reporter: Kukuh Bhimo Nugroho
Penulis: Kukuh Bhimo Nugroho
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight