Apple Hadirkan Fitur-fitur Kesehatan di WatchOS 8

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 9 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Produk Apple WatchOS 8 akan menghadirkan berbagai fitur kesehatan, berikut penjelasannya.
tirto.id - Apple menghadirkan banyak fitur terbaru dalam produk WatchOS 8 agar pengguna OS wearable ini lebih sehat dan tetap terkoneksi. Beberapa fitur dan aplikasi yang dimaksud termasuk Breathe, Tai Chi, dan Pilates.

Namun, ada juga peningkatan kemampuan di Messages dan aplikasi foto. "Apple Watch adalah jam paling dicintai di dunia, menjaga pengguna tetap sehat, aktif, dan terkoneksi," ujar Kevil Lynch, Apple’s vice president of Technology seperti dilansir Apple Newsroom.

Beikut fitur-fitur anyar yang bisa dijumpai di watchOS 8:

  • Tai Chi dan Pilates

Tai Chi dan Pilates adalah dua olahraga populer diboyong Apple dalam sistem operasi ini yang berguna untuk kebugaran fisik dan mindful. Kedua jenis latihan ini didukung oleh algoritma pergerakan dan pengukur denyut jantung.

  • Mindfulness

Pentingnya mindfulness (kesadaran) sudah disadari banyak orang. Lewat produk watchOS 8 ini, Apple mengubah aplikasi Breathe menjadi aplikasi Mindfulness yang menonjolkan pengalaman Breathe, serta sesi baru yakni Reflect.

Reflect menawarkan intensi mindful untuk berfokus minimal 1 menit yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Baik Breathe dan Reflect akan menawarkan tips guna membantu pengguna memaksimalkan sesi.

  • Pengaturan pernapasan saat tidur

Apple juga membantu pengguna mendapatkan tidur yang berkualitas. Apple menciptakan rutinitas sebelum tidur dan metrik pelacakan seperti waktu tidur serta detak jantung.

Pengguna sistem operasi watchOS akan bisa mendapatkan insight tentang kualitas tidur mereka lewat pelacakan pernapasan saat tidur yakni jumlah nafas per menit. Untuk melakukannya, Apple meracang akselerometer built in untuk mengukur nafas dan informasi ini bsia dilihat di aplikasi Health.

Selain fitur-fitur kesehatan update yang dirilis di watchOS 8 adalah wajah Photo, Message, Contact, Focus, Multiple timers, display Always-On, AssistiveTouch, Find Items, Music app, Weather, Family Setup, dan Apple Fitness+.

Dikutip dari TheVerge, perilisan publiknya diharapkan dilakukan pada musim gugur. Saat ini software ini tersedia bagi pengembang untuk uji coba.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight