Apple Akan Luncurkan iPhone dengan 3 Kamera Belakang?

Oleh: Ibnu Azis - 11 Januari 2019
Tiga iPhone baru dilaporkan akan dirilis Apple tahun ini, salah satunya tersemat 3 kamera belakang.
tirto.id - Apple disebut akan meluncurkan tiga iPhone baru pada tahun ini. Satu di antaranya menggunakan layar LCD seperti seri XR. Sementara dua sisanya, masing-masing tersemat dua dan tiga kamera belakang.

Menurut Reuters mengutip laporan WSJ, Jumat (11/1/2019), konfigurasi "banyak" kamera ini untuk menangkal strategi pabrikan Android, yang ramai melepas perangkat serupa. Apple belum menanggapi laporan tersebut.

Kabar Apple mempersiapkan iPhone pakai tiga kamera belakang sebenarnya tak mengejutkan, lantaran render videonya bocor di Twitter pekan lalu.

Menurut The Verge, perangkat itu tersemat modul persegi berisi tiga kamera dan sebuah LED flash di bagian belakang, tepatnya di sisi pojok kiri atas.

Penempatan itu bisa saja dimaksudkan agar konsisten dengan desain iPhone selama ini. Apple memang selalu menyematkan kamera di sudut tersebut. Atau, lantaran logo Apple terletak di tengah, sehingga tak bisa digeser.

Belum dapat dipastikan apakah dimungkinkan menambahkan tiga kamera di bagian belakang iPhone. Namun isu itu muncul setelah Sony dilaporkan meningkatkan output kamera 3D-nya untuk chip yang mendukung smartphone kamera 3D pada 2019.

Selain itu, Apple disebut akan mempertimbangkan hanya menggunakan layar OLED untuk model iPhone 2020. Strategi ini diharapkan akan meningkatkan penjualannya tahun depan, di tengah kekhawatiran atas lesunya pasar iPhone di Cina dan wilayah lain.

Sebelumnya, Apple mengalami guncangan lantaran penjualannya melambat. CEO Apple Tim Cook mengatakan, penjualan Apple pada triwulan terakhir menurun tajam untuk pertama kalinya dalam lebih dari 15 tahun belakangan.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis