tirto.id - Aplikasi dompet digital OVO mengalami gangguan hari ini, Selasa (5/11/2019). Dalam keterangan tertulis kepada Tirto, Head of Public Relation OVO Sinta Setyaningsih mengungkapkan, gangguan tersebut berkaitan dengan masalah jaringan.
“Saat ini aplikasi OVO sedang mengalami gangguan sebagai akibat dari gangguan jaringan yang mempengaruhi sebagian pengguna OVO,” ucapnya.
Gangguan yang terjadi pada pukul 13.00 WIB menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses laman menu aplikasi OVO yang berisikan pilihan transaksi.
Pengguna tertahan pada laman akses kode keamanan atau security code. Ketika kode akses sudah dimasukan, pengguna terus dikembalikan ke laman tersebut.
Meski demikian, jika pengguna memakai layanan ride hailing Grab, dompet digital OVO masih bisa terkoneksi normal. Pemesanan Grab Bike dengan pembayaran via OVO yang dilakukan reporter Tirto pukul 14.00 WIB berlangsung normal.
Selama gangguan terjadi, nominal saldo OVO yang terbaca pada aplikasi Grab juga tidak berubah. Penggunaan OVO pada aplikasi Tokopedia juga masih normal. Bahkan Tokopedia masih bisa melayani top up saldo OVO.
Namun, per pukul 17.38 WIB, top up saldo OVO melalui layanan mobile banking tak bisa dilakukan. Untuk kasus mobile banking BCA, terdapat notifikasi “maaf transaksi Anda tidak dapat diproses”.
Sinta mengatakan pihaknya masih berupaya memperbaiki gangguan. Ia juga menyebut bahwa gangguan tersebut bisa dialami oleh pedagan mitra atau merchant OVO.
“Tim OVO sedang berupaya untuk mengatasi kendala ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna dan merchant OVO,” terangnya.
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Hendra Friana