Aplikasi Clubhouse Android Apakah Sudah Bisa Didownload?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apakah Clubhouse sudah ada di Android dan bisa didownload?
tirto.id - Clubhouse app adalah aplikasi berbasis audio chat yang hanya bisa diikuti dengan undangan dari pengguna Clubhouse lainnya. Clubhouse app sedang diperbincangkan karena banyak digunakan oleh kalangan elite macam Oprah, Drake, Kanye West hingga Elon Musk dan Mark Zuckerberg.

Kedua miliarder teknologi ini tampil di Clubhouse bersama dengan CEO aplikasi investasi Robinhood, Vladimir Tenev. Akhir pekan ini, pendiri Tesla dan Space X ini mengunggah twit undangan publik kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bergabung dengannya di "percakapan Clubhouse".

Aplikasi ini kemudian mulai menjangkau lebih dari sekadar pendiri miliarder, CEO, dan selebritas, mulai digunakan oleh orang-orang awam, influencer, dan lain-lain.

Aplikasi ini, menurut Evening Standard, diluncurkan pada Maret 2020 dan pada Mei 2020 dihargai $100 juta. Sekarang Clubhouse dilaporkan bernilai sekitar $1 miliar.

Apakah Clubhouse App Sudah Ada di Android?


Sayangnya, Clubhouse app hanya dapat digunakan di iPhone, untuk saat ini. Pengguna Android yang mencari Clubhouse menemukan aplikasi dengan nama yang sama.

Sayangnya, setelah menyadari Clubhouse di Andriod bukan jejaring sosial audio yang dicari, banyak yang memberi suara negatif pada aplikasi tersebut hingga harus ditarik sementara oleh pembuatnya.

Clubhouse yang kini tersedia di Android adalah alat manajemen proyek yang sudah ada sejak Juni 2019 - layanan yang lebih luas sudah ada sejak 2016 - dan memiliki lebih dari 100.000 unduhan.

Pengembang Clubhouse Software - yang memiliki dan menggunakan akun @Clubhouse di Twitter - telah menangani ulasan 1 bintang sejak Desember dan, awal bulan lalu.

Beberapa saat sebelum Elon Musk mengunggah twit untuk memakai Clubhouse, CEO Clubhouse Android menarik diri dari App Store dan Google Play Store "karena semua orang mendaftar dan kemudian marah kepada kami karena bukan aplikasi obrolan," demikian seperti dikutip 9to5google.com.

Aplikasi Clubhouse, yang bukan audio chat, menyatakan akan segera kembali ke Andriod dan iOS.

Terlepas dari aplikasi terbukti menjadi pilihan populer bagi pengguna iPhone, kedatangan Clubhouse di Android sepertinya masih memakan waktu lama.

Setelah diluncurkan sebagai eksklusif iPhone, Clubhouse terus menarik pengguna baru dan saat ini terdaftar sebagai salah satu dari sepuluh aplikasi kategori 'jejaring sosial' teratas di iOS App Store.

Tidak seperti aplikasi jejaring sosial lainnya, Clubhouse memfokuskan pada pengalaman audio-first. Pada dasarnya, aplikasi ini tidak terlalu menekankan pada postingan dan lebih banyak berada di ruang virtual dengan orang lain dan benar-benar berbicara.

Dalam postingan blog baru-baru ini, Clubhouse menjelaskan, mereka akan sangat senang jika dapat membuat Clubhouse untuk Andriod. Mereka menegaskan kembali rencana layanan untuk dirilis di Android.

Namun, Clubhouse masih berencana untuk "mulai mengerjakan aplikasi Android kami," dengan jelas menunjukkan bahwa pihaknya belum benar-benar memulai proses pengerjaan versi Android.

Lebih lanjut, postingan tersebut juga mengatakan bahwa rencana untuk 'mulai bekerja' akan terjadi "segera", menyiratkan penantian yang lebih lama untuk Clubhouse di Android, demikian Screenrant.


Baca juga artikel terkait CLUBHOUSE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight