tirto.id - Pengguna provider jaringan telepon Indosat mengeluhkan telah terjadi gangguan sejak Kamis (3/10/2024) malam. Lantas, apakah Indosat down hari ini dan benarkah sudah pulih kembali?
Berdasarkan pantauan di akun X @IndosatCare, keluhan pelanggan pada akun media sosial layanan pelanggan Indosat tersebut mulai bermunculan sejak Kamis malam sekitar pukul 21.00 WIB.
Para pelanggan mengeluhkan bahwa sinyal Indosat mereka tiba-tiba hilang, sehingga tidak bisa melakukan akses jaringan telepon atau pun internet.
“Oyy min, di hpku kenapa gak ada jaringan dah,” tulis pengguna akun X @userningyizhuo pada Kamis (3/10/2024) pukul 21.07 WIB.
“Hmm nyebelin bangett Indosat error @IndosatCare,” tulis pengguna akun X @olvydoveyy pukul 21.21 WIB.
“Minnn sinyalkuu ilanggg,” tulis pengguna akun X @xxwonjeaa pada Kamis (3/10/2024) pada Kamis (3/10/2024) pukul 21.22 WIB.
Keluhan pelanggan tersebut ditanggapi oleh Indosat dengan memandu mereka untuk mematikan dan menghidupkan kembali handphone mereka.
“Mohon maaf untuk kejadian yg di alami. Untuk langkah awal bisa di bantu untuk OFF/ONkan HPnya dan memastikan APNnya sudah sesuai yaitu indosatgprs. Jika masih sama, yuk infoin nomor IM3, detail lokasi, waktu kejadian, dan nomor alternatif di DM. Terima kasih^Myra,” tulis @IndosatCare pada Kamis (3/10/2024) pukul 21.18 WIB.
Namun, sejumlah pelanggan merespon dengan mengatakan mereka telah melakukan saran dari Indosat, tetapi sinyal tidak kunjung muncul.
Benarkah Indosat Down Sudah Pulih Hari Ini?
Setelah lebih kurang 12 jam setelah keluhan tersebut, masih berdasrkan pantauan di akun X layanan pelanggan Indosat @IndosatCare, sejumlah pengguna Indosat mengatakan sinyal mereka sudah pulih hari ini, Jumat (4/10/2024).
“Aman nih kak sinyal indosat ku alhamdulillah dah fullbar,” tulis pengguna akun X @tiaramonica_22 pada hari ini, Jumat (4/10/2024) pukul 10.49 WIB.
“Alhamdulillah sinyal Indosat ku juga udah aman kak .. habis aku restart hp sama mode pesawat semalam hehe,” tulis pengguna akun X @Puspitacp_ pada hari ini, Jumat (4/10/2024) pukul 10.42 WIB.
Namun, layanan pelanggan Indosat mengucapkan permohonan maaf jika akses internet masih belum optimal. Mereka juga masih menganjurkan para pelanggan yang mengeluhkan kehilangan sinyal untuk melakukan restart atau mematikan dan menghidupkan kembali handphone mereka.
Namun jika pelanggan telah melakukan upaya tersebut, sinyal masih tidak juga pulih. Indosat Care meminta pelanggannya untuk menginformasikan nomor, waktu kejadian, dan detail lokasi mereka melalui Direct Message (DM) pada akun X @IndosatCare supaya diberikan penanganan lebih lanjut.
Selain melalui akun X, pelanggan juga dapat menghubungi layanan pelanggan Indosat melalui channel Whatsapp resmi di nomor 08551000185.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra