Apa Saja Olahraga yang Aman & Sehat saat Menjalani Ibadah Puasa?

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 30 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Olahraga yang aman dan sehat dilakukan selama menjalani ibdah puasa Ramadan.
tirto.id - Berpuasa bukanlah jadi salah satu alasan orang tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Kebanyakan orang malas berolahraga di bulan Ramadan karena takut merasa capek.

Padahal, olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, di samping menjaga menjaga pola makan sehat dan manajemen stres yang baik.

"Olahraga saat sedang berpuasa itu boleh dan aman, selama jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh," ujar Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Marcellina Leonora seperti dilansir Antara, Kamis (30/4/2020).

Menurut Marcellina, olahraga kardio dengan intensitas rendah seperti jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang, atau bahkan sekedar naik turun tangga di dalam rumah dapat menjadi pilihan.

Sementara untuk durasi yang diperlukan untuk berolahraga selama Ramadan, ujarnya, tidak harus lama, cukup 30 menit sebelum berbuka puasa.

"Light resistance training 3 hingga 4 set dengan jumlah repetisi 8 sampai 12 kali untuk setiap gerakan, ini juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa," jelas Marcellina.

Sama halnya dengan mobility dan flexibility workout yang juga dapat dilakukan sebelum berbuka puasa.

Pelatih kebugaran dari Fit Squad DXB Dubai sekaligus ahli nutrisi bersertifikat, Devinder Bains menjelaskan, pada saat berpuasa, tubuh mungkin tidak hanya menggunakan energi yang berasal dari simpanan karbohidrat.

Namun, bisa jadi tubuh akan menggunakan simpanan protein sebagai energi, hal ini kemudian menyebabkan hilangnya massa otot.

"Light resistance training atau latihan resistensi ringan dapat membantu menjaga massa otot, jadi pilihlah juga latihan yang menggunakan beban tubuh seperti squat, lunges dan push-up," ujar Bains seperti dikutip dari ArabNews.

Kendati demikian, ada syarat yang harus dipatuhi sebelum memulai olahraga. Marcellina menyebutkan penting untuk memastikan bahwa olahraga tidak dilakukan ketika kepala terasa pusing atau tubuh dalam kondisi lemas.

"Karena jam tidur yang berbeda dari hari-hari biasa dan kurangnya cairan di dalam tubuh. Olahraga selama di bulan Ramadhan bertujuan untuk menjaga stamina agar tetap fit," pungkas Marcellina.


Baca juga artikel terkait OLAHRAGA YANG AMAN DAN SEHAT atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight