Apa Itu SKTT PPPK Kemenag 2023 & Bagaimana Cara Pilih Lokasinya?

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 30 Nov 2023 21:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal SKTT PPPK Kemenag 2023 pada bulan Desember. Apa itu SKTT PPPK Kemenag dan bagaimana seleksinya? Berikut penjelasannya.
tirto.id - SKTT PPPK Kemenag 2023 akan digelar pada bulan Desember 2023. Semua pelamar yang telah mengikuti tes kompetensi PPPK Kemenag 2023 wajib mengikuti SKTT.

Panitia seleksi dari Kementerian Agama RI juga mengumumkan, agar dapat mengikuti tes SKTT PPPK Kemenag 2023, pelamar harus melakukan pemilihan lokasi ujian pada tanggal 29 November sampai 3 Desember 2023.

Cara pemilihan lokasi SKTT PPPK Kemenag 2023 bisa dilakukan secara online melalui situs web yang berlamat di casn.kemenag.go.id. Pelamar PPPK Kemenag 2023 memiliki waktu untuk memilih lokasi SKTT paling lambat pada Minggu (3/12/2023).

Terkait jadwal SKTT PPPK Kemenag 2023 dan ketentuannya, Kementerian Agama bakal mengumumkan lebih lanjut. Pengumuman SKTT Kemenag 2023 itu bisa diakses melalui laman kemenag.go.id, casn.kemenag.go.id, atau login ke akun di SSCASN BKN.

Jika merujuk kepada jadwal seleksi CASN 2023 yang diperbarui BKN pada 9 Oktober lalu, semestinya SKTT PPPK dilaksanakan oleh setiap instansi paling lambat pada 6 Desember.

Apa Itu SKTT PPPK Kemenag 2023?

SKTT adalah kepanjangan dari Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan. SKTT menjadi tahap terakhir dalam seleksi kompetensi PPPK 2023. Tujuan SKTT PPPK adalah menyeleksi calon Pegawai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang memiliki kualifikasi, kualitas kinerja, dan kompetensi sesuai kebutuhan masing-masing instansi pembuka lowongan.

Dengan demikian, SKTT Kemenag adalah tes kompetensi tambahan khusus untuk peserta seleksi PPPK di Kementerian Agama.

Tes SKTT PPPK biasanya diselenggarakan oleh masing-masing instansi pembuka formasi. Maka itu, materi SKTT PPPK maupun formatnya bergantung pada kebijakan tiap instansi.

Sebagai contoh, Kementerian PANRB mengadakan SKTT PPPK 2023 secara online dengan format praktik kerja dan wawancara. Adapun materi SKTT PPPK BKN 2023 lebih berfokus ke praktik kerja yang menguji kemampuan pelamar sesuai jenis jabatan pilihannya.


Sementara itu, materi SKTT Kemenag 2023 maupun ketentuan dan format tesnya bakal segera diumumkan oleh panitia seleksi dari Kementerian Agama RI.

Namun, jika merujuk pada seleksi PPPK Kemenag pada April 2023 lalu, materi SKTT yang diujikan terkait dengan Moderasi Beragama.

Pengujian materi soal Moderasi Beragama di SKTT PPPK Kemenag bertujuan memastikan bahwa pelamar yang lolos seleksi memiliki pemahaman keagamaan yang mnodert. Ada 4 aspek dalam materi tes Moderasi Beragama, yakni komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti-kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi.

Kementerian Agama juga sudah menyediakan situs web khusus untuk pelaksanaan ujian SKTT PPPK Kemenag, yakni sktt.kemenag.go.id. Pelamar bisa login ke laman itu dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor peserta seleksi PPPK 2023.

Cara Pemilihan Lokasi SKTT PPPK Kemenag 2023

Karena menjadi syarat kelulusan dalam seleksi, pelamar yang sudah menjalani ujian atau tes kompetensi PPPK Kemenag 2023 wajib pula mengikuti SKTT.

Syarat agar bisa mengikuti PPPK Kemenag 2023 adalah melakukan pemilihan lokasi ujian atau tes. Pelamar punya waktu 5 hari memilih lokasi tes, mulai dari 29 November sampai 3 Desember 2023.

Berikut tata cara pemilihan lokasi SKTT PPPK Kemenag 2023:

  • Buka laman casn.kemenag.go.id/lokasi
  • Masukan NIK dan Nomor Peserta Seleksi PPPK Kemenag 2023
  • Klik tombol "VALIDASI"
  • Jika data sesuai, muncul nama sesuai NIK dan Nomor Peserta yang dimasukkan
  • Juga akan ada pemilihan lokasi SKTT
  • Pilih lokasi SKTT dengan memilih Provinsi
  • Lalu, di kolom lokasi, pilih Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sesuai keinginan
  • Pilih lokasi ujian (kantor kemenag) yang terdekat dengan tempat domisili
  • Jika sudah yakin dengan pilihan, klik tombol "SIMPAN."

Sebagai catatan, lokasi gedung untuk tes SKTT PPPK Kemenag 2023 bisa berubah. Lokasi itu bisa kantor kemenag di daerah, madrasah, PTKN, atau instansi di bawah Kementerian Agama lainnya. Daftar peserta SKTT PPPK Kemenag 2023 beserta jadwal dan lokasi ujian akan diumumkan oleh Kementerian Agama dalam waktu dekat.

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom

DarkLight