Apa Itu Meditasi dan Bagaimana Cara Mudah Melakukannya?

Kontributor: Dinda Silviana Dewi, tirto.id - 24 Nov 2020 13:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tetapkan batas waktu bermeditasi. Jika baru memulai, ada baiknya memilih waktu yang singkat seperti 5-10 menit.
tirto.id - Meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya untuk memanajemen stres dan menenangkan diri.

Tak hanya itu, Very Well Mind menyebutkan meditasi juga dapat membantu orang berlatih merespons tantangan dalam hidup.

Banyak metode untuk bermeditasi yang berakar pada filosofi Buddha. Kebanyakan orang mengaitkan meditasi dengan kegiatan di mana seseorang duduk bersila di ruangan yang tenang dan mengucapkan kata yang sama berulang kali.

Meditasi merupakan sebuah upaya untuk memasuki kondisi relaksasi yang dalam atau kewaspadaan yang tenang.

Sebelum mempraktikkan meditasi, psikolog Alice Boyes, Ph.D., dalam Psychology Today mengatakan bahwa seseorang harus memahami tujuan meditasi.

Para meditator pemula kerap berpikir bahwa tujuan bermeditasi adalah mencapai titik di mana mereka dapat fokus tanpa terganggu. Namun, tujuan yang sesungguhnya ialah membangun dasar terapi kognitif.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan meditasi demi ketenangan jiwa? Berikut beberapa di antaranya melansir dari Mindful.org:

1. Duduk di tempat yang tenang dan sunyi.

2. Tetapkan batas waktu bermeditasi. Jika baru memulai, ada baiknya memilih waktu yang singkat seperti 5-10 menit.

3. Perhatikan posisi duduk Anda dengan mata terpejam. Anda bisa memulainya dengan duduk di kursi dan kaki di lantai. Selain itu, bisa juga Anda bersila di atas kursi atau di lantai. Pastikan Anda dalam posisi yang stabil.

4. Rasakan napas yang dihirup dan dihempaskan. Ikuti sensasi napas yang masuk dan keluar.

5. Perhatikan pikiran saat bermeditasi. Fokuskan pikiran pada hembusan napas untuk membuat Anda tenang.

6. Setelah selesai, buka mata Anda dan bernafas dengan tenang.

Tips Bermeditasi

Berikut terdapat beberapa tips yang akan membantu Anda memaksimalkan meditasi sebagaimana dimuat Very Health Mind:

- Pastikan Anda dalam posisi yang nyaman, gunakan pakaian kesukaan Anda.

- Jangan fokus pada “apakah Anda telah melakukan meditasi dengan benar”. Hal ini justru akan membuat Anda tidak fokus pada meditasi yang dilakukan.

- Mainkan musik meditasi dan gunakan aromaterapi untuk meningkatkan meditasi Anda.

- Sisihkan waktu untuk melakukan meditasi secara rutin.


Baca juga artikel terkait MEDITASI atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight