Periksa Fakta

Apa Benar Presiden FIFA Beri Kritik soal JIS yang Tergenang Air?

Penulis: Fina Nailur Rohmah, tirto.id - 5 Des 2023 14:30 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cuplikan yang diambil merupakan momen Presiden FIFA mengomentari sepak bola Afrika yang dilontarkan saat Africa Cup of Nations (AFCON) pada Februari 2022.
tirto.id - Akibat lapangan Jakarta International Stadium (JIS) tergenang air usai diguyur hujan deras, laga perempat final Piala Dunia U-17 2023 Brasil vs Argentina pada 24 November 2023 terpaksa tertunda 30 menit.


Pasca kejadian itu, akun X @H4T14K4LN4L42 menyebarkan video berisi klaim yang menyebut Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah kepemimpinan Erick Thohir mendapat kritik pedas dari Federation Internationale de Football Association (Federasi Sepak Bola Internasional/FIFA).


Video menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara dalam bahasa Inggris dengan latar visual stadion sepak bola. Cuplikan itu dikompilasi bersama klip lapangan yang tergenang air.

Periksa Fakta Video Presiden FIFA Kritik JIS
Periksa Fakta Ada Video Presiden FIFA Kritik JIS yang Tergenang Air, Benarkah?. (Sumber: Twitter)


Dalam video terdapat keterangan tertulis, seolah-olah menerjemahkan ucapan Gianni dalam bahasa Indonesia. Tertulis kalau Indonesia tidak sukses menjadi tuan rumah piala dunia dan tidak akan pernah pantas menjadi tuan rumah piala dunia. Berikut kutipan lengkap dalam video itu:

Ini adalah pertandingan perempat final. Kenapa bisa banjir seperti ini. Ini sungguh sangat memalukan dan saya sangat kecewa kepada ketua penyelenggara piala dunia ini. Lihat saja betapa kecewanya saya melihat stadion penyelenggara piala dunia kebanjiran seperti ini

Sejak beredar pada Senin (27/11/2023) hingga Selasa (5/12/2023), cuitan ini sudah mendapat 3.800 tanda suka, 3.800 retweet, dan 4.200 komentar. Videonya sudah disaksikan 9,2 juta kali.

Lantas, benarkah Gianni berkomentar soal JIS yang tergenang air?

Penelusuran Fakta

Tim Riset Tirto menyaksikan video berdurasi 23 detik itu secara utuh. Jika disimak, ucapan Gianni dalam bahasa Inggris tersebut sebenarnya membicarakan sepak bola Afrika. Berbekal pernyataan asli tersebut tersebut, kami menelusuri asal muasal video lewat mesin pencarian Google.

Kata kunci dari perkataan Gianni yang kami kutip yakni “A great final of two big powers of African football, actually of world football, with some of the biggest players in the world. I think we all look forward to a great final.”

Pernyataan itu rupanya dilontarkan Gianni saat Africa Cup of Nations (AFCON) pada Februari 2022, kala Senegal bertanding dengan Mesir.

Video utuhnya diunggah kanal YouTube Sky Sport News berjudul "The future of African football is bright" - Gianni Infantino ahead of the AFCON final” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Masa depan sepak bola Afrika cerah - Gianni Infantino menjelang final AFCON”.

Dalam footage video asli, Gianni terlihat bertemu dengan sejumlah pejabat dan sama sekali tak menyinggung soal Piala Dunia U-17. Gianni mengungkap keyakinannya bahwa Senegal dan Mesir sulit mencapai final karena kedua tim itu sama-sama punya kekuatan yang besar.


Untuk diketahui, FIFA memang pernah angkat suara mengenai rumput JIS. Mengutip laporan CNN Indonesia, FIFA menyebut JIS dan ketiga stadion Piala Dunia U-17 lainnya mampu memenuhi harapan FIFA.

"Semenjak pembukaan Piala Dunia U-17, keempat stadion di empat kota di tanah air telah menjamu 24 tim negara peserta dengan baik. Tak hanya itu, performa stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Jakarta, Stadion Manahan di Solo, Si Jalak Harupat di Kab Bandung dan Jakarta International Stadium telah berhasil naik level ke taraf yang diharapkan, yakni level penyelenggaraan turnamen internasional," tulis pihak FIFA, sebagaimana dikutip CNN Indonesia, Selasa (14/11/2023).

Kesimpulan

Hasil penelusuran fakta menunjukkan video dengan klaim Presiden FIFA Gianni Infantino mengomentari stadion sepak bola Jakarta International Stadium (JIS) yang tergenang air itu bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

Cuplikan yang diambil merupakan momen Presiden FIFA mengomentari sepak bola Afrika yang dilontarkan saat Africa Cup of Nations (AFCON) pada Februari 2022, kala Senegal bertanding dengan Mesir.

==
Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Periksa Data, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Fina Nailur Rohmah
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fina Nailur Rohmah
Editor: Shanies Tri Pinasthi

DarkLight