Antisipasi Banjir, DKI Siapkan Anggaran Rp1 T untuk Pembebasan Kali

Oleh: Riyan Setiawan - 23 Februari 2021
Beberapa kali yang akan dibebaskan tersebut meliputi Pesanggrahan, Angke, Sunter, Ciliwung, dan Jati Kramat.
tirto.id - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada mengatakan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1 triliun untuk melakukan pembebasan kali guna mengantisipasi banjir di ibu kota. Rencana tersebut merupakan program lanjutan untuk menangani banjir Jakarta.

Hal itu diungkapkan Yusmada setelah dilantik oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Dinas SDA yang baru menggantikan Juaini yang kini menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara.

"Tahun ini akan ada anggaran sekitar Rp1 triliun untuk bebaskan kali-kali itu dengan waduk-waduk," kata dia di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Beberapa kali yang akan dibebaskan tersebut meliputi Pesanggrahan, Angke, Sunter, Ciliwung, dan Jati Kramat.

Ia menjelaskan, tahun lalu Dinas SDA DKI telah membebaskan lahan senilai Rp340 miliar untuk sebagian Kali Ciliwung dan Sunter.

Kendati demikian, dia menuturkan normalisasi sungai Ciliwung merupakan kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara Pemprov DKI bertugas untuk menyediakan lahan untuk normalisasi.

"Untuk kali besar Ciliwung dan segala macam kewenangan penanganan konstruksinya di Kementerian PU. Pemprov itu adalah mendukung, mem-back up penyediaan lahannya," jelas dia.



Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA 2021 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight