tirto.id - Hasil riset Inventure-Alvara 2023 menemukan masyarakat pada tahun ini cenderung menjadi investor yang safety player dan emas menjadi pilihan utama. Hal itu karena emas disebut sebagai instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi.
General Manager (GM) Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Antam, Purwanto mengatakan, emas memang akan menjadi pilihan investasi jangka panjang bagi masyarakat. Dia menilai ini menjadi momentum pilihan tepat untuk masyarakat bisa berinvestasi kapan dan di mana saja.
"Jadi prinsipnya keinginan masyarakat seperti apa karena ini investasi jangka panjang akan lebih lama, akan menguntungkan," kata dia di Bukit Emas LM Antam, Pulogadung, Jakarta, Jumat (17/3/2023).
Purwanto mengatakan saat ini pasar untuk logam mulia Antam sebagian besar merupakan usia dewasa. Sementara milenial lebih banyak kepada emas digital, kendati antusias daripada emas ini sudah dirasakan oleh anak-anak sekolah sekaligus.
"Kita paling banyak ukuran 10 gram, 5 gram, dan 1 gram itu yang paling banyak dibeli," jelasnya.
Dalam hal ini, PT Aneka Tambang melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia turut memperkenalkan produk terbaru seri tematik Idulfitri 2023/1444 Hijriah. Hadirnya produk emas ini menegaskan komitmen ANTAM dalam menghadirkan produk berkualitas dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Lini produk emas tematik Idulfitri 2023 terdiri dari dua kategori yakni emas batangan berdesain khusus tiga dimensi dengan berat 5 gram dan New Gift Series model baru dengan berat 0,5 dan 1 gram. Setelah sukses diterapkan pada emas Imlek yang rilis pada Januari 2023 lalu, desain khusus tiga dimensi pada permukaan emas kembali dihadirkan untuk memberikan nilai tambah dan daya tarik produk.
Emas tematik Idulfitri ini diproduksi esklusif selama momen Ramadan dan Idulfitri 1444 Hijriah, baik untuk kepingan emas batangan Idulfitri 5 gram, maupun New Gift Series 0,5 gram dan 1 gram.
“Kami berharap produk ini dapat menambah kehangatan dan kebahagiaan perayaan hari besar umat Islam di tahun ini," ujar Direktur Pengembangan Usaha ANTAM, Dolok Robert Silaban dalam peluncuran.
Produk emas tematik edisi Idulfitri 2023/1444 Hijriah hadir dengan desain khusus dan filosofi yang mendalam. Kehadiran emas tematik edisi Idulfitri ini diharapkan akan mengingatkan hangatnya silaturahmi beserta hidangan lezat khas Idulfitri dan mengembalikan memori manis masa kecil saat menjelang Idulfitri.
Desain spesial emas tematik edisi Idulfitri juga menampilkan kesan visual tiga dimensi berbentuk jabat tangan yang menggambarkan hangatnya silaturahmi Hari Raya Idulfitri. Sedangkan New Gift Series memiliki desain ilustrasi kegiatan anak-anak di bulan Ramadan.
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin