Anies Salat Tarawih Bersama Ulama dan Warga DKI Jakarta

Reporter: Naufal Mamduh, Naufal Mamduh - 26 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum ke Istiqlal, Anies buka puasa bersama para ulama dan jajaran SKPD di Balai Kota kemudian dilanjut dengan salat Magrib berjemaah.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat tarawih bersama warga dan ulama di Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Anies yang tiba pada pukul 19:00 WIB mengatakan, hari ini dirinya melaksanakan ibadah salat Isya dan tarawih bersama para ulama dan membagikan puluhan ribu paket berbuka di Masjid Istiqlal.

"Pada sabtu kedua bulan Ramadan kita mengadakan Tarawih Akbar. Tadi dimulai dengan berbuka bersama ulama di Balai Kota kemudian sebagian juga di sini. Tadi kita menyiapkan 30.000 paket buka puasa kemudian dilanjut tarawih bersama," ucap Anies di Masjid Istiqlal, Sabtu (26/5/2018).

Sebelum ke Istiqlal, Anies melaksanakan buka puasa bersama para ulama dan jajaran SKPD di Balai Kota kemudian dilanjut dengan salat Magrib berjemaah. Anies yang pada acara ini tidak ditemani Sandiaga Uno mengatakan bahwa acara Tarawih Akbar bakal menjadi agenda tahunan di bulan Ramadan.

"Nah kegiatan ini baru tahun pertama. Karena itu kita menyosialisasikan bertahap dan Insya Allah kita akan lakukan ini tiap tahun dan memilihnya memang hari Sabtu karena itu hari libur," ucap Anies.


Anies mengatakan bahwa banyak tokoh-tokoh agama di DKI yang datang mulai dari Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta, Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta, serta Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid yang juga datang ke Istiqlal.

"Jadi ini adalah acara DKI. Ini lokasinya di Jakarta dan ini adalah acara warga umat di Jakarta. Jadi tadi berkumpul lebih lebih mungkin 200-250 dari para ulama yang sama-sama tadi," ucap Anies.

Kedatangan Anies sempat menjadi perhatian para jemaah. Mereka yang tadi tampak duduk sambil membaca Alquran, langsung berdiri ingin mendekati Anies yang masuk melalui pintu di dekat mimbar imam.

Anies mengatakan bahwa shalat tarawih ini bukan sekadar kegiatan ibadah. Anies berharap kegiatan salat tarawih bisa menjadi media silaturahmi umat Islam di Jakarta.

"Tarawih Akbar ini kita berharap baik para ulama maupun umat semua berkumpul bersama merasakan silaturahmi bertemu semuanya karena selama bulan Ramadan di Jakarta itu seluruh kegiatan di masjid-masjid sangat ramai," ucap Anies.


Baca juga artikel terkait TARAWIH AKBAR atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Naufal Mamduh & Naufal Mamduh
Editor: Ibnu Azis
DarkLight