Anies: Publik Jangan Hakimi Kanisius Soal Walk Out Ananda Sukarlan

Oleh: Maya Saputri - 17 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
"Saya mengimbau masalah kemarin jangan diperbesar-besarkan serta jangan hakimi Kanisius. Karena mereka sebenarnya yang menjadi pihak yang kerepotan terhadap insiden ini," kata Anies.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kunjungan dari jajaran Lembaga Pendidikan Kolese Kanisius di Balai Kota, Kamis (16/11/2017) malam.

Kunjungan ini bertujuan untuk silaturahmi sebagai simbol bahwa hubungan gubernur dan pihak Kanisius tak terganggu dengan adanya insiden walk out salah satu alumninya, Ananda Sukarlan.


"Kami baru selesai ngobrol dengan Romo Baskoro dan Romo Edu dari Kanisius. Saya ingin menegaskan kepada semua di antara kita tidak ada masalah dan persahabatan selama ini jalan terus kita tak terganggu apa yang ada di luar," kata Anies, sebagaimana diberitakan Antara.

"Saya mengimbau masalah kemarin (walk out Ananda Sukarlan) jangan diperbesar-besarkan serta jangan hakimi Kanisius. Karena mereka sebenarnya yang menjadi pihak yang kerepotan terhadap insiden ini," tambah Anies.

Pianis Ananda Sukarlan sengaja meninggalkan ruangan saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpidato dalam acara malam penghargaan dan ulang tahun ke-90 Kolese Kanisius di Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (11/11/2017). Aksi Ananda ini kemudian diikuti ratusan alumni dan hadirin yang lain.

Namun, insiden itu tak berlangsung lama. Setelah Anies selesai memberi sambutan dan meninggalkan acara, Ananda dan sejumlah alumni yang sempat walk out, kembali ke tempat duduk masing-masing. Aksi walk out Ananda Sukarlan ini menuai aneka reaksi dari sejumlah pihak.

Anies juga berharap bahwa masalah yang sudah lalu tak perlu lagi dibesar-besarkan sekaligus berpesan agar publik tidak saling menghakimi agar suasana persahabatan tetap terjaga.

Gubernur juga mengajak semua untuk mengakhiri pembahasan mengenai insiden pada Pesta Raya Kanisius dan lebih berfokus pada masalah-masalah bangsa yang lebih penting.

"Mari kita akhiri masalah ini dan kita bahas masalah bangsa yang perlu kita majukan, bahkan ini tadi saya dan para romo ngobrol mengenai pendidikan dan memajukan warga Jakarta," katanya.

Sementara itu, pihak dari Kolese Kanisius juga mengucapkan maaf dan penyesalan atas insiden Sabtu malam itu. Romo Eduard Calistus Ratu Dopo selaku ketua panitia acara dan Romo Peter E Baskoro selaku petinggi Kolase Kanisius juga menyatakan apa yang terjadi di luar perkiraan tim acara.

"Bahwa persoalan yang ada terjadi di luar dari perkiraan kami selaku panitia pesta raya Kanisius," kata Romo Edu.

Sedangkan Romo Baskoro sangat senang atas diterimanya mereka oleh Anies. "Kita senang pak gubernur menerima kita untuk bersilahturahmi, dan kita menyampaikan kita menyesal itu terjadi di luar kendali kita," kata Romo Baskoro.

Baca juga artikel terkait ANIES-SANDIAGA atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri