Anies Janjikan Jumlah Penerima Bansos Tahap II Lebih Banyak

Oleh: Riyan Setiawan - 12 Mei 2020
Namun terkait jumlah penerima bansos dan jumlah nominalnya, Pemprov DKI masih membicarakan hal tersebut dengan Kementerian Sosial (Kemensos).
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan jumlah penerima bantuan sosial (Bansos) tahap II untuk warga miskin dan rentan miskin yang terdampak COVID-19 akan lebih banyak dari sebelumnya.

Pada tahap pertama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memberikan bansos kepada 1.194.633 Kepala Keluarga (KK) dengan nominal bantuan sebesar Rp149.500.

Bansos tersebut berupa beras 5 kg, sarden ukuran kecil 2 kaleng biskuit 2 buah, minyak goreng 0,9 liter, sabun mandi 2 buah, dan masker kain 2 buah kepada warga miskin dan rentan miskin terdampak COVID-19.

Namun, kata dia, terkait jumlah penerima bansos dan jumlah nominalnya, Pemprov DKI masih membicarakan hal tersebut dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Nanti sesudah selesai dengan Kemensos, kami umumkan jumlahnya. Tapi ya jumlahnya jadi lebih banyak," kata Anies di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menjelaskan, terkait mekanisme pemberian bansos, yaitu pertama pihaknya mengirimkan data penerima yang terdiri dari warga miskin dan rentan miskin kepada Ketua RW di DKI Jakarta.

Setelah itu, ketua RW melakukakan verifikasi data warga yang berhak menerima bansos tersebut.

"Setelah selesai diverifikasi, lalu [data penerima bansos] dikembalikan lagi kepada kami," jelas dia.


Baca juga artikel terkait BANSOS COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight