Anies Janji Temui Ahok di Penjara atau di Rumah

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 11 Oktober 2017
Dibaca Normal 1 menit
Najwa Shihab bertanya apakah Anies Baswedan punya rencana untuk berjumpa dengan Ahok.
tirto.id -
Anies Rasyid Baswedan mengaku terakhir berkomunikasi dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) enam bulan yang lalu. Sehari setelah memenangkan Pilgub DKI itu, dia bergegas ke Balai Kota DKI Jakarta menggunakan helikopter milik perusahaannya Erwin Aksa Mahmud, pengusaha dan politikus Golkar dan adik ipar Jusuf Kalla.

Kisah itu diceritakan Anies kala ditanyai oleh Najwa Shihab yang mewawancarai Anies dan Sandiaga. Saat itu, Najwa bertanya soal potensi masih kuatnya sentimen para pemilih dan apakah Anies punya rencana untuk mengunjungi Ahok yang sedang mendekam di penjara. Anies menjawab tidak secara langsung. Ia bilang: “Jadi kami berencana bertemu dengan semua gubernur. Dari yang paing senior sampai yang akhir."

Lantas Duta Baca Indonesia tersebut datang dengan pertanyaan yang mengejar: "Khusus Ahok, spesifiknya akan menjenguknya ke penjara atau tidak?"

Kali ini Sandiaga Salahuddin Uno yang menyambar. Calon wakil gubernur yang mengaku telah purna tugasnya sebagai pengusaha itu justru memaparkan ulang bentuk forum lingkar mantan gubernur DKI.

Baca juga: Percakapan Eksklusif Najwa Shihab, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Najwa mengejar jawaban yang lebih tegas. Dia mengulang pertanyaan apakah Anies akan menemui Ahok di rumahnya atau di hotel prodeo.

Nada suara Anies agak meninggi, dan jawabannya makin jelas. Dengan cekatan dia menjawab, “Kita akan datang ke rumah masing-masing, yang ada di rumah, yang sedang tidak di rumah, ya di tempat beliau berada.”

Meski mengaku programnya untuk DKI tinggal eksekusi, tapi Anies tak mampu memastikan jadwal mengunjungi Ahok. Bertemu dengan Ahok bukanlah prioritas kerjanya.

Nukilan percakapan tersebut bagian dari perbincangan hangat di Studio Gaharu di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. Anies dan Sandiaga menjadi tamu pertama dalam platform baru talkshow yang dipandu Najwa Shihab yang kini sudah tidak lagi bernaung bersama Metro TV (baca: Arti Penting Talkshow: Cerita dari Amerika).

Sekaligus ini pertama kalinya pemenang Pilgub DKI ini muncul kembali ke publik melalui media secara bersamaan. Untuk mengetahui percakapan lebih lengkap Najwa, Anies dan Sandiaga, pantau kanal Youtube Najwa Shihab mulai malam ini, 11 Oktober 2017.


Baca juga artikel terkait ANIES-SANDIAGA atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Dieqy Hasbi Widhana
Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Zen RS