Anggaran Pembebasan Lahan Dinas Kehutanan Ditambah Jadi Rp400 M

Oleh: Hendra Friana - 13 September 2018
Dinas Kehutanan DKI Jakarta mendapat penambahan anggaran pembebasan lahan sebesar Rp400 miliar di APBD-P 2018.
tirto.id - Dinas Kehutanan, Pemakaman dan Pertamanan DKI Jakarta mendapat penambahan anggaran pembebasan lahan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar Rp400 miliar di APBD-Perubahan 2018.

Sebelumnya, Dinas Kehutanan hanya mengajukan penambahan sebesar Rp300 miliar di APBD-P 2018. Namun, beberapa anggota dewan mendesak Kepala Dinas Kehutanan, Djafar Muchlisin, untuk menambah lagi anggarannya sebesar Rp100 miliar karena dinilai masih kurang.

"Dalam hitungan saya nih segini kurang, Pak, duitnya. Kalau ada penambahan, Bapak jangan sungkan minta. Ini dari yang Bapak rencanakan saja kurang," ujar wakil ketua DPRD Muhammad Taufik dalam Rapat Banggar, Kamis (13/9/2018).

Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin, menjelaskan bahwa besar anggaran pembebasan lahan RTH yang di alokasikan di APBD 2018 telah mencapai angka Rp1,9 triliun.

Angka tersebut dianggarkan untuk pembebasan lahan LRT seluas 43,4 hektar lahan di beberapa wilayah Jakarta. Hingga saat ini, kata Djafar, instansinya sudah berhasil menyerap Rp1 triliun yang setara 22,9 hektar lahan.

Artinya, masih ada sekitar 21 hektar lahan yang harus dibebaskan untuk RTH hingga akhir tahun nanti oleh Dinas Kehutanan.

Setelah penambahan sebesar Rp100 miliar itu diusulkan, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferial Sofyan, yang memimpin rapat pun bertanya kepada Djafar tentang kesanggupannya merealisasikan anggaran yang akan ditambah tersebut.

Dengan keyakinan bahwa penambaham RTH, merupakan salah satu janji Gubernur, bisa direalisasikan, Djafar menjawab,"Siap, Pak, kalau ada penambahan kami maksimal di posisi Rp 100 miliar."


Baca juga artikel terkait APBD PERUBAHAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight