Alasan LTMPT Perpanjang Pendaftaran SNMPTN Sampai 16 Februari 2019

Oleh: Alfian Putra Abdi - 13 Februari 2019
Masa pendaftaran SNMPTN 2019 diperpanjang sampai pukul 22.00, 16 Februari 2019. Keputusan itu untuk memberi waktu bagi siswa melakukan pendaftaran hingga tahap finalisasi.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang waktu pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019. Masa pendafataran SNMPTN 2019 semula terjadwal pada 4 sampai 14 Februari 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua LTMPT Prof. Ravik Karsidi melalui surat pengumuman Nomor: 01/Peng.LTMPT/2019 Tentang Perpanjangan Masa Pendaftaran dan Finalisasi SNMPTN 2019.

"Untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang eligible melakukan pendaftaran dan finalisasi. Maka perdaftaran diperpanjang sampai dengan hari Sabtu, 16 Februari 2019 hingga pukul 22.00," kata Ravik melalui pesan singkat, pada Rabu (13/2/2019).


Sebelumnya, akibat situs SNMPTN susah diakses, muncul petisi di situs change.org yang meminta masa pendaftaran SNMPTN diperpanjang dari jadwal semula.

Namun, Ravik tak menjawab saat ditanya apakah perpanjangan masa pendaftaran ini berkaitan dengan petisi tersebut.

Dia hanya mengimbau agar kesempatan perpanjangan jadwal ini dimanfaatkan dengan baik oleh calon peserta didik.

"Kesempatan ini harap digunakan sebaik-baiknya. Karena tidak akan ada perpanjangan lagi," ujar dia.

Proses pendaftaran SNMPTN 2019 bagi siswa yang sudah memenuhi kriteria pemeringkatan LTMPT, bisa menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional dan password yang sama dengan sewaktu mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftar bisa mengakses laman www.snmptn.ac.id.

Sementara untuk siswa yang hendak mendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga, wajib menyertakan portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah. Untuk pedoman pemenuhan syarat bisa dilihat dan diunduh pada laman www.snmptn.ac.id.




Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Addi M Idhom