Alasan Kenapa Hotel Del Luna, Drama IU & Yeo Jin Goo Jadi Favorit

Oleh: Maria Ulfa - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Hotel Del Luna kembali menempati posisi pertama selama 5 pekan beruturut-turut sebagai drama paling buzzworthy.
tirto.id - Drama Korea Selatan, Hotel Del Luna yang tayang setiap Sabtu dan Minggu di tvN mendapat respons positif dari kalangan masyarakat, bahkan sejak penayangan perdananya pada 13 Juli 2019.

Good Data Corporation pada 12 Agustus 2019 merilis daftar buzzworthy acara TV drama. Hotel Del Luna kembali menempati posisi pertama selama 5 pekan berturut-turut sebagai drama paling buzzworthy.

Pemeran utamanya, IU dan Yeo Jin Goo masing-masing berhasil menduduki posisi pertama dan ke-3 sebagai aktor paling buzzworthy atau aktor yang layak disorot, demikian seperti dikutip Xportsnews.

Tak hanya itu, data dari Nielsen Korea menunjukkan bahwa episode terbaru Hotel Del Luna, yakni episode 10 yang tayang pada pekan lalu, Minggu (11/8/2019) berhasil meraih rating rata-rata 10 persen dan 11,7 persen untuk wilayah meropolitan Seoul dan lagi-lagi berhasil memecahkan rekor mereka sendiri.

Hal tersebut membuktikan drama Hotel Del Luna memang populer dan disukai oleh kalangan penonton dengan raihan rating yang mencapai dua digit.

Berikut terdapat sejumlah alasan mengapa Hotel Del Luna yang dibintangi IU dan Yeo Jin Goo jadi favorit oleh penonton, seperti dikutip Soompi.

1. Humor Ala Penulis Hong Sisters

Menggabungkan antara horor, romansa, dan komedi sudah menjadi trademark dari penulis naskah Hong Sisters setelah kesuksesan mereka melalui drama sebelumnya berjudul Master’s Sun yang tayang pada 2013.

Dalam drama Hotel Del Luna, unsur komedi selalu berasal dari dialog cerdas antara karakter utamanya, yakni Jang Man Wol (IU) dan Goo Chan Sung (Yeo Jin Goo).

Contohnya seperti dialog saat Chan Sung khawatir tentang apakah Man Wol akan bereinkarnasi sebagai anjing atau babi di kehidupan berikutnya.

"Saya bahkan baik-baik saja dengan menjadi seekor ayam. Jika saya bereinkarnasi sebagai mie ayam dan akhirnya bertemu kamu lagi, saya akan menyambut kamu seperti, ‘Hai? Saya akan lebih enak jika kamu makan saya dengan kimchi segar’,” ujar Man Wol.

Sebab, menurut kepercayaan mereka, jika selama hidup orang tersebut melakukan kebaikan, maka ia akan bereinkarnasi menjadi manusia terbaik di kehidupan berikutnya. Tetapi, jika ia melakukan kejahatan di dunia yang sekarang, tentu ia bisa saja bereinkarnasi menjadi binatang.

Chan Sung yang tidak mau kalah kemudian menimpali, "Mulai bulan depan, kamu bahkan tidak punya uang untuk membeli mie ayam.”

Humor ala Hong Sisters juga muncul dari sejumlah karakter pendukung, seperti Sanchez (Cho Hyun Chul), teman Goo Chan Sung. Bahkan pada episode 10, karakter Kim Sun Bi (Shin Jung Geun) serta Nam Da Reum yang muncul sebagai kameo berhasil membuat orang tertawa dengan kepolosan mereka dan telah meninggalkan kesan yang sangat kuat untuk para penonton.

2. Selalu Ada Petunjuk Baru untuk Kita Menonton Ulang Setiap Episodenya

Terdapat adegan di mana saat seorang pria tua yang kesepian meninggal dan rohnya belum mau meninggalkan jasadnya karena di dalam rumahnya terdapat seekor anjing yang tidak mau meninggalkan jasadnya.

Roh kakek tersebut bahkan meminta bantuan kepada malaikat maut untuk mengeluarkan anjingnya agar ia bisa melarikan diri dan ditemukan orang lain. Hingga akhirnya, Mago (Seo Yi Sook) datang dan membuka pintu sedikit agar anjing tersebut melarikan diri.

Akan tetapi, anjing tersebut memilih untuk tinggal di sisi pemiliknya hingga maut menjemputnya. Adegan ini adalah ilustrasi dari kekuatan Tuhan versus kehendak bebas dari manusia. Para dewa dapat membuka ‘pintu’, tetapi pilihan terakhir tetap ada pada individu tersebut.

Ini juga telah ditafsirkan sebagai bayangan dari situasi antara Man Wol dan Chan Sung, di mana para dewa telah memberi Man Wol sebuah ‘pintu’ dalam bentuk Chan Sung, tetapi semua itu akhirnya terletak pada pilihan mana yang akan Man Wol dan Chan Sung ambil.

Dalam adegan lain, pelenyapan hantu di Kamar 13 hotel Del Luna yang menjadi debu memberi Chan Sung sedikit gambaran tentang apa yang bisa saja terjadi pada Man Wol di masa depan.

Oleh karena itu, penonton telah tertarik tidak hanya untuk menonton Hotel Del Luna tetapi untuk menontonnya beberapa kali demi melihat bagaimana episode setiap minggu tersebut menyinggung hubungan antara Man Wol dan Chan Sung.

3. OST yang Dominasi Tangga Lagu

Faktor-faktor lain yang berkontribusi pada kelayakan sebuah drama adalah termasuk dengan mendengar tentang drama tersebut bahkan ketika dramanya tidak sedang tayang.

Hotel Del Luna telah mendominasi chart musik Korea Selatan selama sebulan terakhir dengan original sound track (OST) yang mereka rilis dengan menggaet sejumlah penyanyi balad seperti Taeyeon SNSD, Gummy, Paul Kim, dan BEN.

Selain itu, OST disinkronkan dengan baik dalam alur cerita yang saling hubungan. Produser Song Dong Woon, yang bertanggung jawab atas produksi OST Hotel Del Luna menyatakan bahwa langkah itu sengaja mereka lakukan bahkan sebelum drama ditayangkan.

“Kami menyiapkan OST sesuai dengan alur cerita sebelum siaran. Kami membuat pendekatan dan meng-casting line up emas sebelum drama ini mulai ditayangkan,” ujar Song Dong Woon.


Baca juga artikel terkait HOTEL DEL LUNA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Maria Ulfa
DarkLight