Alasan Kampanye Ganjar-Mahfud di Sabang & Merauke: Persatuan RI

Reporter: Ayu Mumpuni, tirto.id - 28 Nov 2023 11:42 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo melakukan kampanye ke Merauke, Papua, dan calon wakil presiden, Mahfud berada di Sabang, Aceh.
tirto.id - Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjelaskan alasan memilih Sabang dan Merauke menjadi daerah pertama untuk melakukan kampanye pada hari pertama. Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, menuturkan pemilihan daerah kampanye sebagaimana implementasi nomor urut paslon yaitu 3.

"Ini lah hari pertama kampanye dari pada nomor 03. Mas Ganjar ada di Merauke dan Pak Mahfud di Sabang. Ini mengartikan pancasila nomor 3, persatuan Indonesia. Kita semua bersatu," kata Arsjad di Gedung High End, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Dia menuturkan Ganjar dan Mahfud sengaja memulai dari desa di ujung-ujung Indonesia. Sebab, ekonomi Indonesia dimulai dari desa.

Sementara itu, Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid menilai Papua menjadi daerah yang masih membutuhkan perhatian untuk kesejahteraannya. Tak dipungkiri, di Papua masih banyak daerah-daerah yang tak tersedia fasilitas kesehatan.

"Yang ditekankan pada hari kampanye pertama adalah kesejahteraan. Mas ganjar ingin membangun puskesmas, posko-posko kesehatan di tiap kampung karena ini masalah mendasar yang masih dimiliki masyarakat kita di daerah pesisir pedalaman Papua," tutur Yenny.

Tak hanya itu, Yenny juga memastikan Ganjar-Mahfud menginginkan adanya ruang dialogis yang lebih besar di Papua. Hal itu menjadi komitmen atas segala persoalan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang hingga kini belum terselesaikan.

"Pemerintahan ke depan kami berharap lebih dialogis dan partisipatoris. Jadi di Papua kita semua tahu masih banyak lingkar kekerasan yang harus diputus dan itu hanya bisa diputus dengan merangkul, bukan memukul," ucap Yenny.

Diketahui, hari pertama kampanye ini, Ganjar melakukan kampanye ke Merauke, Papua, dan Mahfud di Sabang, Aceh.

Keduanya akan terus berkampanye secara terpisah demi memastikan pendekatan menyeluruh dengan masyarakat.


"Yang terpenting konsolidasinya dan turun ke bawah," tutur Yenny.


Baca juga artikel terkait KAMPANYE PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Ayu Mumpuni
(tirto.id - Politik)

Reporter: Ayu Mumpuni
Penulis: Ayu Mumpuni
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight