Akibat Corona, Film Hollywood Termasuk '1917' Batal Tayang di Cina

Oleh: Alexander Haryanto - 4 Februari 2020
Sejumlah film Hollywood batal tayang di Cina akibat virus corona.
tirto.id - Akibat krisis virus corona, sejumlah film Hollywood yang dinominasikan Oscar terpaksa batal tayang di Cina. Dilansir Antara dari Hollywood Reporter, film tersebut adalah Jojo Rabbit, Little Woman, Dolittle, 1917 dan Hellboy. Bahkan, sebagian bioskop di Cina tidak beroperasi.

Sekiranya, film tersebut dijadwalkan tayang pada:

1. Jojo Rabbit tayang pada 12 Februari 2020
2. Little Woman tayang pada 14 Februari 2020
3. Dolittle tayang pada 21 Februari 2020
4. 1917 tayang pada 21 Februari 2020
5. Hellboy tayang pada 28 Februari 2020.

Namun, semua film itu tertunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Meski demikian, film yang dirilis Netflix berjudul Marriage Story belum mengalami perubahan tanggal penayangannya pada 28 Februari.

Di sisi lain, dibatalkannya jadwal tayang ini berdampak buruk pada produksi film Hollywood. Sebagai contoh, untuk memproduksi film Dolittle saja, Universal bisa habis sampai 175 juta dolar Amerika Serikat, tapi hanya mampu menghasilkan 126 juta dolar saja di seluruh dunia.

Untuk itu, Dolittle masih menyimpan harap pada pemutaran film di Cina untuk menutup kerugian. Namun, harapan itu kandas karena adanya virus corona.

Tidak hanya bioskop dan tempat fasilitas produksi film, taman hiburan seperti Shanghai Disney Resort juga tutup akibat corona. Bahkan, China Las Vegas pun menutup semua kasinonya selama dua minggu.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Film)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight