Ahok-Djarot Janjikan Penanganan Banjir Jalan Terus

Oleh: Addi M Idhom - 8 Februari 2017
Dibaca Normal 1 menit
Di masa menjelang kampanye Pilgub DKI Jakarta berakhir, materi kampanye pasangan Ahok-Djarot memuat janji mereka tentang pemaksimalan program penanganan banjir.
tirto.id - Pasangan nomor urut 1 di Pilgub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat berusaha meyakinkan pemilihnya di masa-masa buncit periode kampanye dengan menebar janji tentang pemaksimalan penanganan banjir.

Saat berkunjung ke Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (8/2/2017), Ahok mengatakan perlu ada proses normalisasi Kali Semengol yang melintasi kawasan itu agar tak lagi ada banjir.

"Sekarang saya sudah datang ke sini, melihat langsung seperti apa kondisinya, kenapa masih sering banjir. Makanya, kami ada rencana lakukan normalisasi," kata Ahok sebagaimana dikutip Antara.

Menurut dia, apabila kawasan tersebut hendak dinormalisasi, maka terlebih dahulu harus dibuat jalan inspeksi agar alat berat bisa melintas.

Karena itu, Ahok menambahkan, untuk membuat jalan inspeksi itu, sejumlah bangunan harus ditertibkan terlebih dahulu. Penggusuran itu bisa dilaksanakan apabila warga memang menyetujuinya.

"Saya berterima kasih sudah diijinkan datang ke sini. Jadi, kalau semua warga di sini setuju untuk dilakukan normalisasi, maka kami akan keruk lagi kali ini, kami akan perlebar lagi," ungkap Ahok.

Adapun Djarot, di hari yang sama, memaparkan bukti keberhasilan normalisasi Kali Ciliwung dalam mencegah banjir saat menyambangi Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Kita lihat ya sekarang Kali Ciliwung lancar semuanya di sini, dan sudah tidak lagi melimpah ke sini, sudah jarang sekali," kata Djarot.

Dia mengatakan warga sebenarnya juga bisa berperan membantu pencegahan banjir dengan tidak membuang sampah di Kali Ciliwung.

Menurut Djarot, dengan kondisi Kali Ciliwung, yang tak lagi meluap di kala musim hujan dan alirannya bersih dari sampah, kawasan seperti Kampung Srengseh yang berlokasi di pinggiran sungai itu bisa menjadi ikon ekowisata.

Kali Ciliwung berpotensi menjadi salah satu ikon wisata jika alirannya bersih dari sampah, kawasan di sekitarnya tak kumuh lagi serta bantaran sungainya diperindah penataannya.

"Ada pemancingan, bisa bikin dermaga di sini, bisa wisata kuliner di sini, hal-hal yang kayak begini yang penting," Djarot mencontohkan.

Masa kampanye Pilgub DKI Jakarta 2017, yang dimulai pada (28/10/2016) lalu akan segera berakhir Sabtu mendatang (11/2/2017). Setelah itu, akan ada masa tenang hingga hari pemilihan berlangsung pada (15/2/2017).

Terdapat tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang terdaftar dalam Pilkada DKI 2017, yaitu pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, pasangan nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Baca juga artikel terkait AHOK-DJAROT atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom