Ada Usul Kemendag dan Kemenperin Digabung, Luhut: Lebih Efisien

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 18 Juli 2019
Luhut menilai penggabungan Kemendag dan Kemenperin bakal membuat kinerja kementerian lebih efesian.
tirto.id - Menteri Koordiantor Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penggabungan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan bakal membuat kinerja kementerian efisien.

Hal ini ia ucapkan sebagai sosok yang pernah menjabat sebagai menteri teknis itu. Dulu nama gabungan dari kedua kementerian itu disebut Kemenperindag.

"Ya dulu saya pernah jadi Menperindag. Tapi digabung waktunya gimana itu [waktu kapan]. Ya lebih efisien," ucap Luhut kepada wartawan saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis (18/7).

Penggabungan dua kemenetrian ini di antaranya, diusulkan oleh ekonom senior Faisal Basri. Ia menyebut, agar dua kementerian digabung dalam pemerintahan Joko Widodo kedua. Menurut dia, penggabungan itu akan membuat urusan impor dikelola lebih baik.

Terkait realisasi usul ini, Luhut berkomentar. Ia hanya memastikan bila keduanya digabung urusan akan diselesaikan lebih efisien.

"Saya gak tahu. Ya iyalah lebih efisien," ucap Luhut.

Usulan ini, menurut Faisal Basri terkait dengan visi pemerintahan Jokowi di periode kedua tak terganjal oleh persoalan koordinasi yang kerap terjadi pada dua kementerian ini.

Menurut Faisal penggabungan kedua kementerian ini setidaknya bisa menyelesaikan masalah impor yang ia sebut kerap dilakukan tanpa koordinasi.


Baca juga artikel terkait KEMENDAG atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Zakki Amali
DarkLight