Absen Upacara di Istana Negara, Kemana SBY?

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 17 Agu 2022 18:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77 bertempat di halaman depan KBRI Kuala Lumpur.
tirto.id - Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77 bertempat di halaman depan KBRI Kuala Lumpur. SBY melaksanakan upacara di KBRI Kuala Lumpur.

Dilansir dari situs Kementerian Luar Negeri, SBY tidak datang sendirian. Dia hadir bersama sejumlah menteri dan wakil menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Upacara dipimpin oleh Bapak Duta Besar RI LBBP Hermono dengan partisipasi peserta dari unsur para staf KBRI, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, perwakilan Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia serta perwakilan dari sejumlah organisasi masyarakat Indonesia di Kuala Lumpur.

Dalam acara tasyakuran, SBY mengapresiasi terselenggaranya upacara HUT RI di Malaysia karena berlangsung secara rapi dan tertib.

"Agar seluruh warga semangat untuk meningkatkan semangat juang, persatuan yang tinggi, tekad yang kuat untuk “do our best for our country" melalui semangat HUT RI," kata SBY.

Adapun Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono memberikan ucapan terima kasih karena SBY hadir dalam rangkaian upacara. Hermono pun berjanji akan melaksanakan apa yang disampaikan oleh SBY yaitu menjaga dan melindungi WNI di Malaysia.

"Kami menggarisbawahi peran KBRI dalam upaya memberikan layanan dan perlindungan bagi WNI di Malaysia dengan berbagai upaya solusi atas kompleksitas permasalahannya," ujarnya.

Sebelum melaksanakan upacara, SBY mengisi kuliah umum atas undangan Universiti Kebangsaan Malaysia. Untuk diketahui, tidak hanya kali ini saja SBY absen dalam rangkaian HUT RI Ke-77. Sebelumnya SBY juga absen dalam acara sidang tahunan yang digelar MPR RI di Gedung Nusantara pada Selasa (16/8/2022) kemarin.














Baca juga artikel terkait HARI KEMERDEKAAN KE-77 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight